Jumat 06 Oct 2023 08:56 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ketahanan Keluarga Basis Kemajuan Umat dan Bangsa

Salah satu masalah masyarakat modern adalah ketahanan dan keharmonisan keluarga.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Ketahanan Keluarga Basis Kemajuan Umat dan Bangsa
Foto:

Sidang Jumat rahimakumullah

Berkeluarga adalah sarana untuk membangun umat, masyarakat, dan bangsa yang kuat. Keluarga yang bahagia akan melahirkan generasi yang sejahtera. Berkeluarga adalah sarana yang memungkinkan terjadinya proses regenerasi, lahirnya generasi yang melanjutkan perjuangan keluarga dan peradaban yang utama. Hal ini dapat kita pahami dari kisah dan dia Nabi Zakaria:

وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا . يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ ۖ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا .

Artinya: Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, (5). yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya'qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai"(6). (Surat Maryam ayat 5-6).

Di dalam ayat lain disebutkan:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa" (Ali Imran ayat 38).

Regenerasi bukanlah sebatas reproduksi dimana keluarga memiliki keturunan, anak dan cucu. Regenerasi mengandung pesan anak dan cucu yang berkualitas. Nabi Zakaria berdoa agar dibelikan anugerah: dzurriyatun thayyibah. Dalam beberapa kitab tafsir dijelaskan yang dimaksud dengan dzurriyatun thayyibah adalah anak yang baik, saleh, berkeadaban, berakhlak mulia, dan diberkati. Dzurriyatun thayyibah dapat juga ditafsirkan sebagai qurrata a'yun sebagaimana disebutkan di dalam Qur'an surat Al Furqan ayat 74:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Qurrata a'yun adalah anak-anak yang menyenangkan hati karena taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua dan menghormati orang tua dengan penuh rasa cinta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement