Jumat 10 May 2024 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Persaudaraan Umat Manusia

Dalam Islam tidak ada ras atau golongan tertentu yang lebih tinggi di mata manusia.

Seorang pria menyumbangkan uang untuk amal setelah mengikuti sholat Idul Fitri di Masjid Nasional di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 April 2024.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Seorang pria menyumbangkan uang untuk amal setelah mengikuti sholat Idul Fitri di Masjid Nasional di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ihsan Nursidik, Kader Muhammadiyah Jawa Barat

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. فَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَّرَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ اَلْوَاحِدُ الْقَهَّاُر. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلأَبْرَارِ. فَصَلَوَاتُ الِلّٰهِ وَسَلاَمُهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ. أَمَّا بَعْدُ:

Baca Juga

فَيَا عِبَادَ الِلّٰهِ. أُوْصِيْنِيِ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللّٰهِ. فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

وقال أيضا: ٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Jamaah Jumat Rakhimakumullah

Persaudaraan dalam Islam dikenal dengan istilah ukhuwwah yang bermakna persamaan atau keserasian. Ukhuwwah sendiri merupakan bentuk jamak dari kata Akhun, yang berarti hubungan darah atau karena sepersusuan. Artinya suatu hubungan yang memiliki keterkaitan yang begitu dekat satu dengan yang lainnya. Menurut Asfahani, makna keterhubungan ini dapat terbentuk karena berbagai faktor, baik itu disebabkan karena keturunan, persahabatan, agama dan lain sebagainya.

Dalam Al-Qur’an kata yang berpadanan dengan istilah ukhuwwah ini setidaknya disebutkan sebanyak 81 kali. Antara lain 52 kali dalam bentuk mufrad-nya dan 29 kali di dalam bentuk jamak-nya. Secara terperinci bila makna ukhuwwah dalam Alquran tersebut kita artikan sebagai persamaan atau persaudaraan, maka akan terbentuk suatu makna persaudaraan yang dapat di bagi ke dalam empat bagian.

Pertama ukhuwwah fil Ubudiyyah, yakni persamaan sebagai makhluk yang tunduk kepada Allah SWT. Kedua, ukhuwwah fil Insaniyyah, yaitu persaudaraan dengan seluruh umat manusia. Ketiga, ukhuwwah fil Wathaniyyah, yakni bentuk persaudaraan yang diletakkan karena persamaan keturunan atau suatu kebangsaan. Dan terakhir yakni ukhuwwah fil diinul Islam, yaitu persaudaraan atas dasar iman sebagai sesama umat Islam.

Jamaah Jumat Rakhimakumullah

Sebagai umat muslim, kita harus berperan aktif dalam menyuarakan perdamaian yang bisa dicapai sesegera mungkin. Sekalipun dapat dibenarkan bila ketika berbicara persaudaraan manusia, terdapat perbedaan yang meliputi berbagai macam atribut suku budaya dan rasa yang berbeda-beda. Dan perbedaan-perbedaan tersebut hendaknya bisa dipahami secara universal sebagai keniscayaan dari-Nya, agar setiap manusia dapat berdiri di atas kesetaraan dan bisa menjaling hubungan satu sama lainnya.

Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.” (QS. Al-Hujurat: 13).

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-persaudarakan-umat-manusia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement