Jumat 06 Oct 2023 08:56 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ketahanan Keluarga Basis Kemajuan Umat dan Bangsa

Salah satu masalah masyarakat modern adalah ketahanan dan keharmonisan keluarga.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Ketahanan Keluarga Basis Kemajuan Umat dan Bangsa
Foto:

Sidang Jumat rahimakumullah

Dalam Islam, keluarga merupakan lembaga yang memiliki lima fungsi. Fungsi pendidikan, kebudayaan, keagamaan, sosial, dan ekonomi. Keluarga adalah rumah dimana semua anggota keluarga berkumpul, berinteraksi, dan hidup bersama. Keluarga adalah tempat dimana anak-anak mengenal nilai-nilai utama, budaya, tata krama, adat istiadat, adab yang luhur, dan dasar-dasar agama dari orang tua, ayah, ibu dan anggota keluarga yang dewasa.

Karena itu agar memiliki keluarga yang bahagia dan keturunan yang saleh dan berkualitas, Alquran mengingatkan kaum beriman untuk senantiasa menjaga dan mendidik anak-anak dengan ilmu, kesadaran, dan keteladanan. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَعْتَذِرُوا الْيَوْمَ ۖ إِنَّمَا تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Hai orang-orang kafir, janganlah kamu mengemukakan uzur pada hari ini. Sesungguhnya kamu hanya diberi balasan menurut apa yang kamu kerjakan. (Alquran surat At Tahrim ayat 7)

Rumah dan keluarga dapat menjadi basis utama pendidikan dan penanaman nilai-nilai apabila dihiasi dengan cahaya ibadah sholat dan bacaan sholat.

Sidang Jumat rahimakumullah

Rumah yang didalamnya disebut nama Allah dan dibacakan Alquran mengandung dua pengertian. Pertama, penghuni rumah semua anggota keluarga senantiasa menunaikan sholat dan membaca Alquran m dengan zikir dan membaca Alquran hati menjadi tenang dan tentram. Kedua, rumah tangga dan keluarga akan bahagia dan selamat dunia dan akhirat apabila mengikuti, mengamalkan, dan mewujudkan ajaran dan nilai-nilai Alquran. Ketahanan keluarga adalah kunci kekuatan umat dan bangsa.

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعنا وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل مني ومنكم تلاوته إنه هو الغفور الرحيم

(Khutbah ini disampaikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah di Masjid Istiqlal pada 8 September 2023 dan diterbitkan Majalah Mimbar Jumat Masjid Istiqlal )

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement