Senin 13 May 2024 20:32 WIB

3 Ayat Alquran Ini Jelaskan Mengapa Hidup di Dunia tak Lepas dari Cobaan dan Ujian

Allah SWT akan menguji setiap hambanya di dunia.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sabar dari ujian. Allah SWT akan menguji setiap hambanya di dunia
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi sabar dari ujian. Allah SWT akan menguji setiap hambanya di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika dihadapkan pada masa-masa sulit dalam hidup, sering kali merasa bertanya-tanya mengapa Allah SWT membiarkan penderitaan tersebut terjadi.

Namun, dalam Alquran, Allah SWT memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan mengungkapkan hikmah di balik cobaan yang dihadapi.

Baca Juga

Mari kita telusuri beberapa ayat Alquran yang menjelaskan mengapa Allah membiarkan seseorang melewati masa-masa sulit. Berikut tiga ayat Alquran yang menjelaskan tentang mengapa ada masa sulit kehidupan.

1. Surat Al Mulk ayat 2

Mengapa orang-orang saleh harus melalui masa-masa sulit telah dijelaskan dalam Alquran. Allah SWT menyatakan bahwa Dia dapat mengalahkan musuh-musuh-Nya tanpa bantuan orang-orang beriman. Dia, tentu, mampu melakukan apa saja.

Namun, sunnah (hukum) Allah SWT adalah melakukan itu melalui kita sehingga kita pun melewati berbagai cobaan hidup. Hidup ini tidak lain adalah ujian. 

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

"Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun." (QS Al Mulk ayat 2).

2. Surat Al Ankabut ayat 2-3

Bagian dari ujian ini adalah agar Allah SWT menunjukkan siapa yang akan membela kebenaran dan mendukungnya.

Jika bukan karena masa-masa sulit seperti ini, orang akan selalu mengklaim bahwa mereka berdiri pada kebenaran. Klaim ini harus diverifikasi dengan ujian dan kesengsaraan. Allah berfirman: 

أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?" (QS Al Ankabut ayat 2).

Allah SWT mengingatkan kita dengan alasan ujian ini. 

وَلَقَدْ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ وَلَيَعْلَمَنَّ ٱلْكَٰذِبِينَ

"Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta." (QS Al Ankabut ayat 3). 

Masa-masa sulit adalah masa yang menentukan dan membedakan seseorang dengan orang lain. Menunjukkan mana orang-orang yang istiqamah dan mana yang tidak.

3. Al Baqarah ayat 214

Allah berfirman kepada Rasul-Nya, kepada orang-orang beriman, dan kepada seluruh umat manusia bahwa jalan menuju Allah penuh ujian yang menyulitkan.

أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تَدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُم مَّثَلُ ٱلَّذِينَ خَلَوْا۟ مِن قَبْلِكُم ۖ مَّسَّتْهُمُ ٱلْبَأْسَآءُ وَٱلضَّرَّآءُ وَزُلْزِلُوا۟ حَتَّىٰ يَقُولَ ٱلرَّسُولُ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ مَتَىٰ نَصْرُ ٱللَّهِ ۗ أَلَآ إِنَّ نَصْرَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ

"Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat." (QS Al Baqarah ayat 214).

Masa sulit menghubungkan orang-orang beriman kepada Allah secara komprehensif. Hati mereka akan melekat pada-Nya dan harapan mereka hanya akan ada di dalam-Nya. Masa-masa sulit memelihara tauhid dalam hati orang-orang beriman dengan cara yang tidak mungkin dilakukan pada saat-saat mudah.

photo
Infografis Tanda Orang Sabar dan Taubat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement