Jumat 30 Dec 2022 06:17 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Badan yang sehat, kuat, dan perkasa sangat dicintai oleh Allah SWT.

Makanan sehat (ilustrasi). Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam
Foto:

Hadirin Jamaah Jum’ah Rahimakumullah

Keempat, menjaga kesucian badan, pakaian dan lingkungan. Kesucian badan, pakaian dan lingkungan hidup yang bersih akan nampak indah, rapi  dan asri yang secara psikologis akan menambah kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Sebaliknya badan, pakaian dan lingkungan yang kotor dan najis tentu akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka secara khuusus Allah memerintahkan agar kita selalu berpakain dengan pakaian yang selalu bersih dan suci: “wa tsiabaka fathahhir” Dan pakaianmu sucikanlah (QS. Al Muddatsir; 4)

Kebiasaan Rasulullah dalam menjaga kebersihan badan ini beliau selalu bersiwak atau menggosok gigi setiap akan berwudhu untuk melaksanakan shalat. Beliau juga mandi setiap hari. Bahkan Allah telah mewajibkan untuk mandi ketika terkena hadats besar, “Wa in kuntum Junuban fa thahharuu” Dan ketika kamu berjunub maka bersucilah (mandi) (QS. Al maidah : 6)

Bersihnya badan, pakaian dan lingkungan tentu akan membawa kesehatan, sebaliknya jika kotor tentu akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa menyerang pada kulit, mulut, pernapasan  dan penyakit yang berada di dalam organ tubuh kita. Sehingga kebersihan merupakan cara dan pola hidup sehat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan badan. Lebih-lebih kebersihan di lingkungan sekitar kita disamping akan kelihatan asri, rapi, indah dan enak dipandang mata juga bisa mencegah selera ulat, lalat, nyamuk dan tikus untuk hadir menyebarkan berbagai macam penyakit.

Hadirin jama’ah Jum’ah Rahimakumullah

Demikian khutbah Jumat yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya dan kita tetap dalam keadaan sehat dan bugar baik jasmani dan rahani sehingga kita tetap mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa adanya gangguan kesehatan sehingga produktivitas kerja kita  tetap terjaga dengan baik dan meningkat. Aamiin.

بَارَكَ الله ُلِى وَلَكُمْ فِي اْلقُرْاَنِ اْلعَظِيمِ  وَنَفَعَنِى وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَالذِّكْرِاْلحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ الله ُمِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَهُ هُوَالسَّمِيْعُ اْلعَلِيْمِ

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَنَا وَاِيَّكُمْ عِبَادِهِ الْمُتَّقِيْنَ وَاَدَّبَنَا بِالْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ الَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. َاللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ : فَيَا اَيُّهَا النَّا سُ اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. وَقَالَ تَعَالَى اِنَّ اللهَ وَمَلاَءِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي يَااَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا, اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَا بِهِ اَجْمَعِيْنَ, وَارْضَى عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُوءْمِنِيْنَ وَالْمُوءْمِنَاتِ اَلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ ِانَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ. رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ ِاذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ِانَّكَ اَنْتَ   الْوَهَّاب. رَبِّى اغْفِرْلِى وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرًا.  رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبّى اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُون وَالسَّلاَمُ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/22/menjaga-pola-hidup-sehat/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement