Jumat 30 Dec 2022 06:17 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Badan yang sehat, kuat, dan perkasa sangat dicintai oleh Allah SWT.

Makanan sehat (ilustrasi). Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam
Foto: www.pixabay.com
Makanan sehat (ilustrasi). Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: M Jindar Wahyudi, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Boyolali Alumni Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS 1990

اَلْحَمْدُ ِلله ِالَّذِى اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ اْلحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلىَ الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفاَ بِاللهِ شَهِيْدًا اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله ُوَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ: فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْاللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ  مُسْلِمُونَ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى : يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقۡنَٰكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِلَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

Baca Juga

Hadirin Jamaah Jum’ah Rahimakumullah

Mengawali khutbah Jum’at siang ini marilah kita bersyukur kepada Allah SwT atas segala nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua, seraya meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada-Nya, dengan taqwa yang sebenar-benarnya. Sebab hanya orang yang benar-benar bertakwa yang akan sanggup melaksanakan perintah Allah dalam menjalankan kehidupan dengan cara dan pola hidup yang diridhai oleh Allah SwT. Cara dan pola hidup yang diridhai oleh Allah SwT ini tentu tidak terkecuali dalam hal menjaga kesehatan badan  kita.

Dalam hal ini, Islam telah mengajarkan kepada kita tentang pola hidup sehat yang telah dilaksanakan oleh umat Islam semenjak zaman awal perkembangan Islam itu sendiri, sebelum ditemukannya cara dan pola hidup sehat zaman moderen sekarang ini. Adapun cara dan pola hidup sehat di dalam Islam antara lain:

Pertama, makan dengan makanan yang baik dan tidak berlebih-lebihan. Para ahli kesehatan telah memberitakan gambaran bahwa penyebab timbulnya penyakit pada tubuh manusia pada dasarnya disebabkan karena faktor kejiwaan dan pola makannya.

Mengkonsumsi makanan yang tidak baik dan berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang menyerang pada organ tubuh manusia. Oleh karena itu kita harus  menghindari pola makan yang demikian.

Firman Allah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقۡنَٰكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِلَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ  ١٧٢

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah (QS. Al Baqarah : 172)”

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/22/menjaga-pola-hidup-sehat/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement