Jumat 30 Dec 2022 00:10 WIB

Aroma Khas Classic Rolls Cinnabon Ternyata Berasal dari Kayu Manis Sumatera Barat

Kayu manis asal Sumatera Barat sudah dipakai Cinnabon sejak 35 tahun lalu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Menu-menu cinnamon roll di gerai Cinnabon.
Foto: Dok Cinnabon Indonesia
Menu-menu cinnamon roll di gerai Cinnabon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cinnabon sebagai toko kue dan cinnamon roll ternama di dunia telah hadir di Indonesia sejak Juli 2022 lalu. Menu andalan cinnamon rolls, yang diluncurkan pada 1985, terus menjadi favorit.

Marketing Manager PT Toffin Cinnabon Indonesia, Cynthia Calista menjelaskan menu classic rolls adalah favorit gerai Cinnabon yang telah hadir di 50 negara dengan 1.600 outlet di seluruh dunia. Rupanya, rahasia classic rolls berasal dari kayu manis di Sumatra Barat, yang ditemukan pendiri perusahaan sejak 35 tahun lalu.

Baca Juga

“Cinnamon roll ini memiliki ciri khas aroma cinnamon makara, yaitu kayu manis yang berasal dari gunung Sumatra Barat,” kata Cynthia saat ditemui di gerai Cinnabon di Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Perpaduan wangi kayu manis makara dengan adonan Cinnabon menghadirkan kudapan cinnamon rolls yang lembut, gurih, kenyal, dan wangi. Classic roll memiliki aroma khas yang dipadukan dengan manisnya brown sugar dan cream cheese frosting diatas roti.

Cynthia mengatakan kelezatan cinnamon makara tidak bisa ditemukan di makanan lain, karena menjadi hak milik Cinnabon. Cinnamon makara memiliki aroma yang berbeda dibandingkan kayu manis lainnya, rasanya agak manis, serta tidak terlalu overwhelming.

“Jadi, penemunnya Cinnabon keliling dunia cari cinnamon powder terbaik, dan dia nemu di Sumatra Barat,” ujar Cynthia.

Bagi para pecinta karamel, menu caramel pecanbon yang dikombinasikan dengan kacang pecan dan saus karamel akan cocok di lidah para pencinta menu klasik. Menu ini menghadirkan sensasi gurih dan renyah dari kacang berpadu dengan adonan roti yang lembut.

Untuk pilihan rasa coklat, Cinnabon menyediakan pilihan menu chocobon yang setiap lapisannya dilapisi coklat dan frosting khas Cinnabon. Saus coklat ini merupakan resep rahasia Cinnabon, yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan.

Jika Anda merasa menu Cinnabon terlalu manis, faktanya, cinnamon roll di Indonesia sudah dikurangi 20 persen tingkat kemanisannya daripada gerai di luar negeri. Cynthia sendiri menyarankan kopi americano sebagai teman yang cocok menikmati tiga menu cinnamon roll di Cinnabon. Gerai Cinnabon di Indonesia menggunakan biji kopi Italia dari campuran kopi robusta dan arabika. Selain kopi, Cinnabon juga cocok dinikmati dengan teh, yang menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia.

Perfect pairing sama kopi hitam atau coffee latte, karena cinnamon roll kita manis, walaupun kita itu 20 persen less sweet dari US (Amerika Serikat), tapi orang tetap bilang manis,” kata Cynthia.

Cinnabon memiliki konsep bahwa cinnamon roll yang siap makan usianya tidak lebih dari 30 menit. Cinnabon sangat mengutamakan pengalaman nikmat menyantap cinnamon roll, yang lebih enak disantap saat panas atau hangat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement