Jumat 30 Dec 2022 06:17 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Badan yang sehat, kuat, dan perkasa sangat dicintai oleh Allah SWT.

Makanan sehat (ilustrasi). Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pola Hidup Sehat Menurut Islam
Foto:

Makanan yang baik adalah makanan yang bergizi, bersih dan diolah sedemikian rupa sehingga memenuhi standar kesehatan yang layak dikonsumsi, dan yang terpenting adalah makanan itu terjamin kehalalannya oleh syari’at Islam. Menurut Syach Abu Bakar Jabir Al Jazai’ri dalam kitab Minhajul Muslim, maksud dari makanan yang baik adalah makanan yang halal, bersih dan tidak menjijikkan.

Allah juga berfirman.

وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ وَلَا تُسۡرِفُوٓاْۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُسۡرِفِينَ  ٣١

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al A’raf : 31)”

Rasulullah saw pernah menggambarkan sebagai ukuran bahwa makanan yang dikonsumsi itu tidak berlebihan dengan membagi tiga bagian perut yaitu  sepertiga untuk tempat makanan, sepertiga lagi untuk tempat air (minum) dan sepertiga yang lain untuk udara (bernafas) (HR Al Hakim). Rasulullah saw juga mencontohkan bahwa beliau makan jika telah merasakan lapar dan ketika makan tidak sampai berlebihan (kekenyangan).

Hadirin Jamaah Jum’ah Rahimakumullah

Kedua, istirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup merupakan salah satu kebutuhan badan yang mesti harus dipenuhi setelah seharian penuh beraktivitas guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika tidak terpenuhi tentu akan menjadikan badan tidak sehat, longkrah, lemah dan loyo yang bisa berakibat timbulnya gangguan kesehatan badan.

Rasulullah saw lalu bersabda:

وَاللهِ اِنِّى لَاَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَاَتْقَاكُمْ لَهُ لَكِنِّى اَصُومُ وَاُفْطِرُ وَاُصَلِّى وَاَرْقُدُ وَاَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى (رواه البخاري)

“Demi Allah saya lebih takut dan lebih takwa kepada Allah dari pada kalian semua, akan tetapi aku puasa juga berbuka, aku shalat  juga tidur dan aku juga punya istri, barang siapa yang tidak mengikuti sunahku maka tidak termasuk golonganku (HR Bukhari)”

Dalam menjaga pola hidup sehat ini Rasulullah saw sebagiamana Hadits Riwayat Imam An Nasa’i dari Aisyah bahwa Beliau ketika malam menyegerakan tidur tetapi juga menyegerakan untuk bangun guna melaksanakan qiamullail sampai waktu subuh tiba.  Setelah shalat subuhpun beliau tidak melaksanakan tidur lagi. Dan inilah resep dari Rasulullah saw agar badan tetap sehat dan segar bugar dalam aktivitas kerja pada siang harinya.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/22/menjaga-pola-hidup-sehat/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement