Jumat 06 Jan 2023 05:05 WIB

Kumpulan Hadits tentang Keutamaan dan Apa yang Harus Dilakukan Saat Hari Jumat

Jumat adalah hari istimewa dalam Islam.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Kumpulan Hadits tentang Keutamaan dan Apa yang Harus Dilakukan Saat Hari Jumat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Kumpulan Hadits tentang Keutamaan dan Apa yang Harus Dilakukan Saat Hari Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Jumat adalah hari istimewa dalam Islam, seluruh Surah Alquran dinamai menurut namanya dan berbagai hadits menjelaskan kelebihan, ritual, tata cara, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Mengapa hari Jumat memiliki status khusus ini? Bagaimana adab pergi sholat Jumat? Apa hukuman bagi mereka yang mengabaikan sholat Jumat? Hadiah apa yang diberikan hari istimewa ini bagi umat Islam?

Baca Juga

Muhammad Fathi, redaktur pelaksana halaman syariah About Islam mengutip beberapa hadist untuk menjawab pertanyaan di atas dan mempublikasikannya di About Islam.

Jumat Hari Terbaik dalam Seminggu

 

1. Abu Hurairah melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat; di atasnya Adam diciptakan dan di atasnya dia dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam dikeluarkan dari surga. Dan jam (terakhir) (yaitu Hari Kebangkitan) tidak akan terjadi pada hari selain hari Jumat.” (HR Muslim)

2. Abu Hurairah melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Sholat lima waktu, dan (sholat) Jumat ke (sholat) Jumat (berikutnya), dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, adalah penghapus dosa-dosa yang dilakukan di antaranya, selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR Muslim)

Apa yang Harus Dilakukan di Hari Jumat

3. Abu Hurairah melaporkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan ketika berbicara tentang hari Jumat, “Pada hari itu ada waktu (yaitu hari Jumat) di mana Allah mengabulkan permintaan setiap hamba Muslim yang, pada saat ini, kebetulan meminta sesuatu kepada Allah sambil berdiri dalam shalat. Dan Nabi SAW menunjuk dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa periode waktu ini sangat singkat." (Al-Bukhari dan Muslim)

4. Abu Sa'id A-Khudri melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, akan memiliki cahaya yang membentang antara dia dan Rumah Kuno (yaitu, Kabah).” (Al-Albani)

5. Aws ibn Aws melaporkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan, “Di antara hari-hari terbaikmu adalah hari Jumat. Jadi, sering-seringlah berdoa kepada Allah untuk memberkati saya, karena doa-doa anda seperti itu akan disampaikan kepada saya." (Abu Dawud)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement