Jumat 06 Jan 2023 05:05 WIB

Kumpulan Hadits tentang Keutamaan dan Apa yang Harus Dilakukan Saat Hari Jumat

Jumat adalah hari istimewa dalam Islam.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Kumpulan Hadits tentang Keutamaan dan Apa yang Harus Dilakukan Saat Hari Jumat
Foto:

Tata Cara Sholat Jumat

6. Salman melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Jika seorang laki-laki mandi pada hari Jumat, membersihkan dirinya sebanyak yang dia bisa, meminyaki rambutnya, memakai minyak wangi yang tersedia di rumahnya, berangkat ke masjid, tidak memisahkan dua orang (untuk membuat tempat duduk untuk dirinya sendiri), melakukan sebagaimana banyak doa yang ditulis (oleh Allah) untuknya, diam ketika Imam berbicara, dosa-dosanya antara Jumat itu dan Jumat berikutnya akan diampuni.” (HR Al-Bukhari)

7. Abu Hurairah melaporkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Ketika hari Jumat tiba, para malaikat duduk di pintu masjid dan mencatat siapa yang datang ke sholat Jumat. Kemudian, ketika imam keluar, para malaikat menggulung gulungannya.”

8. Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang datang lebih awal untuk sholat Jumat seperti orang yang menyembelih unta, kemudian (yang datang setelah itu adalah) seperti orang yang menyembelih sapi, kemudian seperti orang yang menyembelih kambing, kemudian seperti orang yang menyembelih bebek, kemudian seperti orang yang menyembelih ayam, kemudian seperti orang yang menyembelih sebutir telur." (HR An-Nasa'i dan disahkan oleh Al-Albani)

9. Sulaik Al-Ghatafani datang pada hari Jumat ketika Rasulullah SAW sedang menyampaikan khutbah. Dia (Sulaik) duduk. Maka Nabi SAW bersabda kepadanya, “Wahai Sulaik! Berdiri dan amati dua rakaat dan pendekkan.”

Lalu Nabi SAW berkata, "Apabila salah seorang dari kalian datang pada hari Jumat, sementara imam sedang menyampaikan khutbah, maka hendaknya dia melaksanakan dua rakaat dan mempersingkatnya." (HR Muslim)

Jangan Meninggalkan Sholat Jumat

10. Ibn `Umar dan Abu Hurairah melaporkan, "Kami mendengar Rasulullah bersabda (sambil menyampaikan Khutbah di atas mimbar kayunya), “Entah beberapa orang berhenti mengabaikan sholat Jumat atau Allah akan mengunci hati mereka dan mereka akan termasuk orang yang lalai.” (HR Muslim)

11. Abu Hurairah melaporkan bahwa Nabi SAW mengatakan, “Jika Anda mengatakan kepada teman Anda: Dengarkan dengan penuh perhatian pada hari Jumat ketika imam menyampaikan khutbah, maka Anda telah terlibat dalam omong kosong.” (HR Muslim)

12. Abu Hurairah melaporkan bahwa Nabi SAW mengatakan "Janganlah kamu memilih malam Jumat di antara malam-malam lainnya untuk Qiyam (sholat malam), dan janganlah kamu memilih hari Jumat di antara hari-hari lainnya untuk berpuasa kecuali salah satu dari kalian telah terbiasa melakukannya.” (HR Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement