Selasa 02 Apr 2024 16:21 WIB

Kekacauan Umat Muslim Tanda Akhir Zaman, Perang Saudara di Timur Tengah Buktinya?

Di antara tanda dekatnya hari kiamat adalah terjadinya kekacauan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Perang Suriah
Foto:

Belum ada sinyal nyata perpecahan dan peperangan di sana akan berakhir dalam waktu dekat. Perundingan perdamaian yang dimediasi PBB selama beberapa putaran selalu gagal menghasilkan kesepakatan atau konsensus di antara para pihak yang bertikai.

Selanjutnya adalah perang antara Irak dan Iran. Pada 22 September 1980, sengketa perbatasan yang berkepanjangan dan kekacauan politik di Iran mendorong Presiden Irak kala itu, Saddam Hussein melancarkan invasi ke provinsi penghasil minyak Iran, Khuzestan. Setelah adanya kemajuan awal, serangan Irak berhasil dipukul mundur.

Bentrokan perbatasan selama tiga pekan antara Iran dan Irak akhirnya meletus menjadi perang berdarah habis-habisan. Irak telah mengebom beberapa pangkalan udara dan militer Iran, termasuk bandara internasional Teheran.

Perang Iran dan Irak berlangsung delapan tahun. Kedua belah pihak akhirnya menyetujui persyaratan gencatan senjata PBB pada Agustus 1988. Laporan resmi mengatakan lebih dari 400 ribu orang tewas dan 750 ribu orang luka-luka. Pada 1990 Iran dan Irak memulihkan hubungan diplomatik.

Perang lain yang terjadi di negara Muslim di Timur Tengah adalah Perang Yaman. Pergolakan di negara ini mulai terjadi setelah mangkatnya Ali Abdullah Saleh, hingga sekarang. Kondisi Yaman tak kunjung stabil sejak rezim Ali Abdullah Saleh jatuh pada 2011 .

Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang terpilih melalui pemilihan tunggal pada 2012 tak mampu membuat Yaman stabil. Hingga pada September 2014, pemberontak Houthi berhasil menguasai Ibu Kota Sanaa. Tak hanya berhenti di sana, pada awal 2015 pemberontak menguasai kediaman Hadi dan berhasil memaksa sang presiden mundur.

Sumber: Alukah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement