Rabu 17 Apr 2024 18:45 WIB

Enggan Beri Salam pada Muslim yang tak Dikenal Jadi Tanda Kiamat, Ini Haditsnya

Menjelang hari kiamat, orang hanya memberi salam kepada orang-orang tertentu.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Hari Kiamat
Foto: Republika.co.id
Hari Kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW telah memberitahukan apa saja yang menjadi tanda-tanda semakin dekatnya Hari Kiamat, melalui sejumlah riwayat hadits. Tentu ini dimaksudkan sebagai pesan kepada umat Muslim untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

بينَ يدَي السَّاعةِ : تسليمُ الخاصَّةِ ، و فُشُوُّ التَّجارةِ حتَّى تُعينَ المرأةُ زوجَهَا علَى التَّجارةِ ، و قَطعُ الأرحامِ ، و فُشُوُّ القلَمِ ، و ظُهورُ الشَّهادةِ بالزُّورِ ، و كِتْمانُ شَهادةِ الحقِّ

"Menjelang hari kiamat, orang hanya memberi salam kepada orang-orang tertentu, meluasnya perdagangan sehingga wanita membantu suaminya dalam berdagang, terputusnya hubungan kekeluargaan, meluasnya pena, kesaksian palsu, dan penyembunyian kesaksian yang benar." (HR. Bukhari, dalam Al Adab Al Mufrad)

Dalam hadits tersebut, disebutkan bahwa tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah ketika seorang Muslim hanya memberi salam kepada orang-orang tertentu. Artinya, hanya memberi salam kepada orang-orang terdekat dan yang dikenalnya, tetapi tidak memberi salam kepada Muslim umumnya  jika bertemu dengan mereka.

Selain itu, beliau juga menyebutkan salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat adalah meluasnya perdagangan. Artinya, merujuk pada tersebarnya perdagangan atau perniagaan sehingga perempuan membantu suaminya dalam berdagang atau berdagang dengan selain suaminya.

Tanda lainnya adalah terputusnya hubungan kekeluargaan, yang berarti tidak ada lagi komunikasi dan kasih sayang di antara kerabat keluarga. Selanjutnya, meluasnya penulisan, yang artinya mengacu pada penyebaran penulisan dan munculnya ilmu pengetahuan.

Tanda kiamat lainnya adalah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement