Selasa 12 Dec 2023 08:15 WIB

Alquran dan Sains Jawab Alasan Tubuh Istirahat Saat Malam Hari dan Aktif Saat Siang

Bagaimana tubuh mengetahui waktu yang sedang dijalaninya siang atau malam?

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Tidur (ilustrasi).
Foto:

Saat malam tiba, ketika intensitas cahaya berkurang, hipotalamus kembali aktif memberikan rangsangan kepada kelenjar pineal agar menambah produksi melatonin. Dampaknya, kuatnya rasa kantuk memaksa tubuh untuk mengurangi aktivitas. Saat itu, seseorang akan segera beranjak ke tempat tidurnya untuk istirahat. Seperti itulah jam biologis memonitor dan mendeteksi pergantian waktu dengan bantuan hipotalamus.

“Artinya bagi sel-sel tubuh, siang hari adalah kematian dan malam hari adalah kehidupan. Siang menggantikan malam secara perlahan, terus-menerus hingga akhir zaman. Demikian pula sebaliknya. Di sisi lain, kehidupan juga turut membangun sel-sel baru yang aktif setiap saat, siang dan malam,” (Lihat Mausu’ah al I’Jaz al Qur’ani karya Nadiah Thayyarah terbitan Dar al Yamama, Abu Dhabi yang diterjemahkan menjadi Buku Pintar Sains Dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah oleh penerjemah M Zainal Arifin, Nurakib, Imam Firdaus, Nur Hizbullah, penerbit Zaman pada 2013 halaman 41-42).

Allah SWT berfirman:

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا

Artinya: Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. (Alquran surat Al Isra ayat 12).

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِرًا ۚ إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Artinya: Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. (Alquran surat Al Ghafir ayat 61).

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا . وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاسًا . وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا .

Artinya: dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan (Alquran surat An Naba ayat 9-11).

Dan karena rahmat-Nya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement