Ahad 12 May 2024 19:48 WIB

3 Doa yang tidak Boleh Terlewatkan dalam Sujud 

Ketika bersujud, maka bacalah doa berikut ini.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Relawan melakukan sujud syukur.
Foto: AP Photo/Mohammed Asad
Relawan melakukan sujud syukur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sujud, seseorang meletakkan dahinya di atas sajadah sebagai tanda kerendahan hati dan penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah. Momen ini adalah saat yang sangat berharga untuk berbicara dengan Allah dalam bahasa hati yang paling jujur dan paling intim. 

Melalui doa saat sujud, seseorang memperkuat ikatan spiritual dengan Allah, menemukan ketenangan dalam penyerahan diri, dan menunjukkan kesetiaan kita kepada-Nya sebagai hamba yang taat.

Baca Juga

Dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Keadaan yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa pada saat itu. (HR Muslim).

Dalam hadis lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa berdoa dalam sujud akan dikabulkan oleh Allah SWT:

فَأمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ – عَزَّ وَجَلَّ – ، وَأمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ ، فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

Adapun ketika ruku, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian. (HR. Muslim).

Oleh karena itu, umat Muslim harus memanfaatkan momen tersebut dengan memperbanyak berdoa. Adapun doa yang tidak boleh terlewatkan dalam sujud di antaranya:

 

Pertama...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement