Selasa 12 Dec 2023 08:15 WIB

Alquran dan Sains Jawab Alasan Tubuh Istirahat Saat Malam Hari dan Aktif Saat Siang

Bagaimana tubuh mengetahui waktu yang sedang dijalaninya siang atau malam?

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Tidur (ilustrasi).
Foto:

,وَمِنْ رَحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. (Alquran surat Al Qashash ayat 73).

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاسًا وَالنَّوْمَ سُبَاتًا وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُورًا

Artinya: Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. (Alquran surat Al Furqan ayat 47).

تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya : Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)". (Alquran surat Ali Imran ayat 27).

Nadiah Thayyarah menjelaskan perubahan-perubahan fisiologis tubuh seirama dengan pergantian siang dan malam akibat rotasi bumi yang kecepatannya 100 mil per jam. Jika kecepatan ini ditakdirkan berkurang 100 mil saja per jam, maka seluruh tumbuhan dan tanaman akan terbakar karena terik matahari sangat menyengat sepanjang 12 jam pada siang hari. Seluruh makhluk hidup juga akan mati karena malam yang terlambat datang.

“Hikmahnya adalah supaya kita mensyukuri nikmat pergantian siang dan malam ini, yang telah mendukung fisiologis tubuh kita dalam beraktivitas. Coba bayangkan, seandainya Allah menciptakan siang tanpa malam, siapa yang bisa mengaktifkan hipotalamus dan mengembalikan produksi melatonin dalam kelenjar pineal ketika kita merasa lelah? Atau sebaliknya, bila Allah menciptakan malam tanpa siang (tanpa sinar matahari), siapa yang akan menghentikan kerja hipotalamus dan menahan produksi melatonin dalam kelenjar Pineal agar organ-organ tubuh kita dapat aktif?” (Buku Pintar Sains Dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, halaman 43).

قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْمَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَٰهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِضِيَاءٍ ۖ أَفَلَا تَسْمَعُونَ . قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ جَعَلَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ سَرْمَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَٰهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ فِيهِ ۖ أَفَلَا تُبْصِرُونَ .

Artinya: Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?” Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (Alquran surat Al Qashash ayat 71-72).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement