Tafsir Surat Sad Ayat 61: Ketika Penduduk Neraka Berdoa

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 08 Dec 2022 17:05 WIB

Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Tafsir Surat Sad Ayat 61: Ketika Penduduk Neraka Berdoa Foto: Dok Republika Ilustrasi laknat dan siksa neraka. Tafsir Surat Sad Ayat 61: Ketika Penduduk Neraka Berdoa

Mereka berdoa agar orang yang menyesatkan mereka diberi azab yang lebih pedih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penduduk neraka yang baru masuk ke dalam neraka berdoa kepada Allah SWT. Mereka berdoa supaya orang-orang yang telah menyesatkan mereka hingga masuk neraka diberi azab yang lebih pedih serta berat.

Hal ini dijelaskan dalam Tafsir Surat Sad Ayat 61.

Baca Juga

قَالُوْا رَبَّنَا مَنْ قَدَّمَ لَنَا هٰذَا فَزِدْهُ عَذَابًا ضِعْفًا فِى النَّارِ

Mereka berkata (lagi), “Wahai Tuhan kami, siapa yang menjerumuskan kami ke dalam (azab) ini, tambahkanlah kepadanya azab yang berlipat ganda di dalam neraka.” (QS Sad: 61)

Ayat di atas mengandung arti, kelompok yang mengikuti jalan yang sesat, mereka berkata seraya memohon kepada Allah, "Ya Tuhan kami, barang siapa mengajak kami memilih jalan kesesatan dan menjerumuskan kami ke dalam azab yang pedih dan berat ini, maka tambahkanlah azab kepadanya dua kali lipat di dalam neraka dan timpakanlah laknat yang besar atas mereka." 

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat tersebut menerangkan penduduk neraka yang baru datang itu berdoa kepada Tuhan agar menambah azab yang berat kepada orang-orang yang telah menyesatkan mereka.

Penduduk neraka yang baru datang itu mengatakan, “Wahai Tuhan kami, timpakanlah azab yang berlipat-ganda kepada pemimpin-pemimpin dan pemuka-pemuka agama kami yang telah menyebabkan kami menderita karena azab yang berat ini."

Ayat lain yang seperti dengan ayat ini adalah Surat Al-A'raf Ayat 38.

قَالَ ادْخُلُوْا فِيْٓ اُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ فِى النَّارِۙ كُلَّمَا دَخَلَتْ اُمَّةٌ لَّعَنَتْ اُخْتَهَا ۗحَتّٰٓى اِذَا ادَّارَكُوْا فِيْهَا جَمِيْعًا ۙقَالَتْ اُخْرٰىهُمْ لِاُوْلٰىهُمْ رَبَّنَا هٰٓؤُلَاۤءِ اَضَلُّوْنَا فَاٰتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِّنَ النَّارِ ەۗ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَّلٰكِنْ لَّا تَعْلَمُوْنَ

Allah berfirman, “Masuklah kamu ke dalam api neraka bersama umat-umat yang telah berlalu sebelum kamu dari (golongan) jin dan manusia.” Setiap kali suatu umat masuk, dia melaknat saudaranya, sehingga apabila mereka telah masuk semuanya, berkatalah orang yang (masuk) belakangan (kepada) orang yang (masuk) terlebih dahulu, “Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami. Datangkanlah siksaan api neraka yang berlipat ganda kepada mereka.” Allah berfirman, “Masing-masing mendapatkan (siksaan) yang berlipat ganda, tetapi kamu tidak mengetahui.” (QS Al-A'raf: 38)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...