Rabu 30 Nov 2022 03:45 WIB

Lima Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Berkah dan Dapat Ilmu Bermanfaat

Mencari ilmu wajib hukumnya bagi setiap orang Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digelar secara daring di rumahnya di kawasan Pasar Minggu,  DKI Jakarta. (ilustrasi). Lima Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Berkah dan Dapat Ilmu Bermanfaat
Foto:

4. Doa agar dikaruniai pemahaman

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa 'ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na'lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Terjemahan: "Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hapal seperti daya hapal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih."

5. Doa meminta perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ

Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'a, wa a'uudzubika min 'ilmin laa yanfa'.

Terjemahan: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ilmu yang manfaat, dan aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat."

Selain membaca doa sebelum belajar agar lebih dibukakan hati dan pemikirannya dalam menyerap ilmu yang ada, sebaiknya setelah belajar juga membaca doa agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat.

Doa yang dibaca setelah belajar 

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalan mutaqobbalan.

Terjemahan: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang tidak tertolak." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement