Jumat 14 Apr 2023 11:21 WIB

Doa Diberikan Ilmu Berkah Bermanfaat, Pernah Dibaca Nabi Ibrahim Alaihissalam 

Ilmu merupakan anugerah Allah SWT yang sangat spesial

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi belajar ilmu. Ilmu merupakan anugerah Allah SWT yang sangat spesial
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Ilustrasi belajar ilmu. Ilmu merupakan anugerah Allah SWT yang sangat spesial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang-orang yang berilmu yang dengan ilmu itu mengantarkannya menjadi orang bertakwa serta memberikan manfaat kepada sesama makhluk sangat dicintai Allah SWT. Maka untuk menjadi berilmu, seorang hamba harus sabar dalam mencarinya serta terus berdoa kepada Allah SWT.  

Dan di antara doa yang dapat dipanjatkan agar Allah SWT menganugerahkan ilmu yang bermanfaat adalah sebagaimana terdapat pada Alquran surat Asy Syuara ayat 83-85. Berikut doanya:  

Baca Juga

رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ. وَاجْعَلْ لِّيْ لِسَانَ صِدْقٍ فِى الْاٰخِرِيْنَ. وَاجْعَلْنِيْ مِنْ وَّرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيْمِ

Robbi habliy hukmawa alhikqniy bishoolihiyna. Waj'alliy lisana sidqi fiylaakhiriyna. Waj'alniy miwarotsatin na'iymi.   

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh. dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan.”  

Doa ini pernah dibaca Nabi Ibrahim alaihissalam agar dianugerahi hikmah. Hikmah berarti ilmu pengetahuan yang diamalkan dengan baik. 

Dalam hubungannya dengan kepribadian orang yang saleh, hikmah diartikan sebagai petunjuk Tuhan dalam beramal, dengan taufik Allah SWT dia terlepas dari segala perbuatan dosa besar maupun dosa kecil. 

Sementara itu ahli tafsir yang lain ada yang mengartikan hikmah dengan perlakuan yang adil terhadap sesama manusia dalam memutuskan suatu perkara. 

Dalam kaitannya dengan doa Ibrahim ini, hikmah ditafsirkan sebagai pengetahuan tentang sifat-sifat ketuhanan dan ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.  

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Selain itu, Nabi Ibrahim juga berdoa agar dimasukkan ke dalam lingkungan orang-orang yang baik-baik, dan pada golongan yang senantiasa bertawakal kepada Allah SWT. 

Selanjutnya Nabi Ibrahim berdoa agar nama baik beliau menjadi buah bibir yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian, sehingga beliau menjadi suri teladan yang utama sampai hari Kiamat. 

Nabi Ibrahim juga berdoa agar menikmati balasan amalnya di akhirat. Yakni nikmat kesenangan surga beserta orang-orang yang diperkenankan masuk ke dalamnya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement