Lima Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Berkah dan Dapat Ilmu Bermanfaat

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 29 Nov 2022 20:45 WIB

Pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digelar secara daring di rumahnya di kawasan Pasar Minggu,  DKI Jakarta. (ilustrasi). Lima Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Berkah dan Dapat Ilmu Bermanfaat Foto: Republika/Thoudy Badai Pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digelar secara daring di rumahnya di kawasan Pasar Minggu, DKI Jakarta. (ilustrasi). Lima Doa Sebelum Belajar Agar Lebih Berkah dan Dapat Ilmu Bermanfaat

Mencari ilmu wajib hukumnya bagi setiap orang Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam agama Islam, belajar merupakan proses mencari pengetahuan dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Mencari ilmu (wajib) hukumnya bagi setiap orang Islam."

Agar ilmu yang didapat membawa berkah, bermanfaat dan mudah diserap, di bawah ini ada beberapa doa yang bisa dilantunkan sebelum memulai proses belajar.

Baca Juga

Lima Doa Sebelum Belajar

1. Doa agar dimudahkan memahami ilmu

 رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Terjemahan: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

2. Doa agar diberi tambahan ilmu

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma

Terjemahan: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

3. Doa untuk meminta ilmu yang bermanfaat

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin

Terjemahan: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...