Senin 10 Jul 2023 06:38 WIB

Doa Agar Ilmu yang Dipelajari Bermanfaat

Karena ilmu yang bermanfaat itu, seseorang akan terus mendapatkan ganjaran pahala.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
 Doa Agar Ilmu yang Dipelajari Bermanfaat
Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Doa Agar Ilmu yang Dipelajari Bermanfaat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang berilmu dan dapat mengamalkan serta mengajarkan ilmunya kepada orang lain menandakan ia telah mendapatkan manfaat dan keberkahan dari ilmu.

Sebab tak sedikit orang berilmu tapi tak mau mengamalkannya, bahkan enggan atau tak memiliki kesempatan untuk mengajarkan ilmu yang dimilikinya itu kepada orang lain. Atau bahkan ilmu yang didapatnya itu justru digunakan untuk kemudharatan atau membuat susah dan sengsara orang lain.

Baca Juga

Maka kelak karena ilmu yang bermanfaat itu, seseorang akan terus mendapatkan ganjaran pahala kendati telah berada di alam kubur. Sebab ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu perkara yang nilai pahalanya tidak akan terputus kepada orangnya kendati pun telah meninggal.

Karenanya kita patut berlindung kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat. Rasulullah mengajarkan sebuah doa agar setiap ilmu yang dipelajari menjadi manfaat. Berikut doanya.

Doa Agar Ilmu yang Dipelajari Bermanfaat

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari

Artinya: Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau beriakan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia atau pun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.

Doa ini dapat ditemukan dalam kitab hadits Sunan Tirmidzi nomor 3523.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement