Selasa 02 Aug 2022 05:23 WIB

Cara Terbaik Agar Allah Kabulkan Doa Kita

Doa bisa segera dikabulkan dan mungkin dikabulkan pada akhirnya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa (Ilustrasi). Cara Terbaik Agar Allah Kabulkan Doa Kita
Foto:

Dalam perang Badar Nabi menghadap ke arah kiblat, merentangkan tangannya dan mulai berdoa kepada Allah SWT:

“Ya Allah, capailah untukku apa yang telah Engkau janjikan kepadaku.

Ya Allah, jadikanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku.

Ya Allah, jika sekelompok kecil Muslim ini dihancurkan, Engkau tidak akan pernah disembah di bumi!”

“Nabi melanjutkan doanya kepada Allah untuk waktu yang lama, sampai jubahnya terlepas dari bahunya.” (HR Muslim)

Ini adalah doa dari seseorang yang dalam kesulitan, dan itu adalah doa yang dikabulkan dengan cepat. Kemudian Syekh menjelaskan petunjuk lainnya untuk permohonan.

Dia berkata: "Dan cara tercepat untuk mendapatkan sifat baik adalah dengan mengekspresikan kerendahan hati dan kebutuhan Anda,”

Beberapa ulama membahas tentang ayat, (Sedekah untuk orang miskin) (QS At-Taubah 9: 60) mengatakan bahwa: Jika seorang manusia memberi sedekah kepada orang miskin yang membutuhkan, bagaimana jika orang miskin menunjukkan kebutuhannya kepada Allah? Sesungguhnya Allah akan memberinya sebagian dari karunia-Nya, bahkan lebih dari apa yang diberikan manusia lain kepadanya.

Menurut tradisi Nabi yang kita ketahui, orang yang melakukan doa harus menghadap kiblat (arah sholat), merentangkan tangannya saat berdoa kepada Allah, dan memulai doa dengan memuji Allah dan memohon kedamaian dan berkah atas Nabi SAW.

Juga dianjurkan untuk memohon perdamaian dan berkah pada Nabi di tengah dan di akhir doa. Ini adalah tindakan nyata dari permohonan. Namun, yang lebih penting adalah kondisi hati ketika berdoa kepada Allah, yang seringkali kita abaikan untuk mencontoh Rasulullah SAW.

Nabi SAW biasa membaca doa-doa tertentu pada situasi tertentu, seperti bangun di pagi hari, pergi tidur, mengenakan pakaiannya, menanggalkan pakaiannya, melihat ke cermin, mencuci diri, tidur, melihat hilal, sore, pagi, keluar, pulang, dan sebagainya. Tidaklah cukup kita mengikuti Nabi SAW dengan menghafal dan mengucapkan doa-doa ini. Kita harus memperoleh semangat di balik mereka, yaitu selalu terhubung dengan Allah.

Jika kita menelusuri sejarah doa, kita tidak akan menemukan siapa pun, bahkan para nabi sebelumnya, yang memiliki aliran doa yang terus menerus ini, sebanyak Nabi Muhammad SAW. Jika kita mengamati Mazmur, Taurat, dan Injil, kita tidak akan menemukan begitu banyak doa seperti yang kita temukan ketika kita mengamati tradisi Nabi Muhammad, saw.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement