Selasa 21 May 2024 06:53 WIB

5 Cara Sederhana Dekatkan Diri kepada Allah SWT

Pastikan Allah SWT hadir dalam segala aspek kehidupan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Wisatawan mengamati matahari terbit saat berkemah di areal Embung Bansari kawasan lereng Gunung Sindoro, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Ahad (21/4/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Wisatawan mengamati matahari terbit saat berkemah di areal Embung Bansari kawasan lereng Gunung Sindoro, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Ahad (21/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama Mesir, Syekh Amr al-Wardani memberikan penjelasan yang mendalam mengenai cara-cara agar Allah SWT senantiasa menyertai setiap aktivitas seorang Muslim, baik dalam kondisi sedih, bahagia, cemas, dan sebagainya.

Dia mengatakan, terdapat setidaknya lima cara yang dapat diikuti untuk memastikan kehadiran Allah SWT dalam segala aspek kehidupan.

Baca Juga

Lima Cara Sederhana Dekatkan Diri kepada Allah SWT

1. Selalu menjaga dirinya dengan bersuci sepanjang hari. Karena itu, ketika diri tidak berada dalam keadaan wudhu, hendaklah untuk selalu berwudhu untuk mendapatkan cinta Allah SWT.

"Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "Itu adalah sesuatu yang kotor." Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri." (QS Al-Baqarah ayat 222)

 

2. Dengan menjaga sholat dhuha agar berada dalam kecukupan, terlindungi dari perbuatan zalim dan kejahatan. Syekh al-Wardhani juga mengingatkan, sholat dhuha dapat dilakukan dengan minimal 2 rakaat.

Namun, juga bisa dilaksanakan dengan 4 rakaat dengan salam, sebagaimana hadits qudsi. Allah SWT berfirman, "Wahai anak Adam ruku' untukku 4 rakaat di awal pagi, maka aku akan penuhi hajatmu di hari itu."

Selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement