Kamis 29 Feb 2024 09:41 WIB

Doa Sayyidul Istighfar Latin, Mohon Ampun dan Mengakui Dosa kepada Allah

Seorang Muslim tidak luput dari dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim tidak luput dari dosa-dosa yang telah dilakukannya. Karena itu, sudah sepatutnya seorang hamba terus-menerus memohon ampunan kepada Allah SWT.

Di antara cara memohon ampunan kepada Allah SWT adalah dengan membaca doa sayyidul istighfar yang diajarkan Rasulullah SAW. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Syadad bin Aus.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda:

سَيِّدُ الِاسْتِغْفارِ أنْ تَقُولَ: اللَّهُمَّ أنْتَ رَبِّي لا إلَهَ إلَّا أنْتَ، خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ، وأنا علَى عَهْدِكَ ووَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ، أعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما صَنَعْتُ، أبُوءُ لكَ بنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وأَبُوءُ لكَ بذَنْبِي فاغْفِرْ لِي؛ فإنَّه لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلَّا أنْتَ. قالَ: ومَن قالَها مِنَ النَّهارِ مُوقِنًا بها، فَماتَ مِن يَومِهِ قَبْلَ أنْ يُمْسِيَ، فَهو مِن أهْلِ الجَنَّةِ، ومَن قالَها مِنَ اللَّيْلِ وهو مُوقِنٌ بها، فَماتَ قَبْلَ أنْ يُصْبِحَ، فَهو مِن أهْلِ الجَنَّةِ.

"Sayyidul Istighfar adalah ketika kamu berkata (berdoa), "Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Rabb-ku, Tiada Ilah kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku, sedangkan aku adalah hamba-Mu, aku akan berusaha memenuhi janji-janjiku kepada-Mu sekuat tenagaku,..."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang mengucapkan doa ini (Sayyidul Istighfar) pada siang hari dengan menyakini isinya, kemudian mati pada hari itu sebelum petang, niscaya dia termasuk ahli Surga. Siapa yang membacanya pada malam hari dengan meyakini isinya, kemudian dia mati sebelum datangnya pagi, niscaya dia termasuk ahli surga." (HR. Bukhari)

Lafadz doa lengkap Sayyidul Istighfar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement