Kamis 29 Feb 2024 00:05 WIB

Doa Meminta Rezeki yang Dipanjatkan Nabi Isa

Nabi Isa memiliki banyak mukzijat dari Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Isa Alahissalam diutus tepat sebelum Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT. Nabi Isa memiliki banyak mukzijat dari Allah SWT.

Dikisahkan, Nabi Isa pernah berdoa kepada Allah SWT meminta rezeki dan dikabulkan. Doa tersebut diabadikan dalam Surat Al-Ma'idah Ayat 114. Doa ini pernah dipanjatkan Nabi Isa Alahissalam dan Allah SWT mengabulkannya.

Baca Juga

Doa Meminta Rezeki Nabi Isa

اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allāhumma rabbanā anzil ‘alainā mā'idatam minas-samā'i takūnu lanā ‘īdal li'awwalinā wa ākhirinā wa āyatam minka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn(a).

“Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu. Berilah kami rezeki. Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

Surat Al-Ma'idah Ayat 114 dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama dijelaskan bahwa Nabi Isa setelah mengetahui maksud baik dari kaum Hawariyyin dalam permohonan mereka, yaitu mereka tidak meragukan kekuasaan Allah, melainkan karena mereka ingin lebih yakin dan memperoleh keimanan yang lebih kuat serta ketenteraman hati, maka Nabi Isa mengabulkan permohonan mereka untuk berdoa kepada Allah agar menurunkan hidangan untuk mereka.

Nabi Isa memulai doanya itu dengan ucapan “Allahuma Rabbana." Kata-kata tersebut mengandung pengertian sifat-sifat keagungan-Nya, yaitu Ketuhanan, Kekuasaan, Hikmah dan Kebijaksanaan-Nya, serta sifat-sifat-Nya sebagai Penguasa, Pendidik, Pemelihara dan Pemberi nikmat.

Kemudian, Nabi Isa melanjutkan doanya dengan permohonan agar Allah menurunkan untuk mereka hidangan dari langit. Nabi Isa mengharapkan agar hari ketika hidangan itu turun akan menjadi hari raya bagi mereka dan generasi mereka selanjutnya. Hal ini juga akan menjadi tanda atau bukti bagi kekuasaan Allah.

Nabi Isa mengakhiri doanya dengan ucapan, “Berilah kami rezeki, karena Engkau adalah Pemberi rezeki Yang Paling Utama.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement