Rabu 11 Sep 2024 23:07 WIB

1 Ayat dalam Surat Al-Anam Ini Merangkum 5 Wasiat Allah SWT untuk Umat Manusia

Alquran merangkum wasiat-wasiat kebajikan Allah SWT

Jamaah membaca Alquran di Masjid Nabawi, Kamis (23/5/2024).  Alquran merangkum wasiat-wasiat kebajikan Allah SWT
Foto:

Berilah mereka sesuatu yang mereka sukai, seperti makanan yang enak, pakaian yang bagus, dan hadiah yang berharga.

Ini semua adalah bagian dari sedekah kepada mereka ketika mereka masih hidup, dan jika mereka meninggal, berbuat baiklah kepada mereka dengan doa, pengampunan, dan semua jenis sedekah.

Sedekah kepada orang tua setelah kematian lebih bermanfaat bagi mereka daripada sedekah kepada mereka ketika mereka masih hidup, dan keridhaan Allah SWT ada dalam kepuasan orang tua, dan Allah SWT telah menjadikan hak mereka setelah hak-Nya.

Allah SWT telah menjadikan hak mereka setelah hak-Nya, sebagai imbalan atas jasa mereka membesarkan anak di masa kecilnya dan di masa lemahnya, dan karena mereka adalah sebab keberadaannya.

Orang tua memiliki hak yang besar terhadap anak meskipun mereka gagal mendidiknya, meskipun mereka menganiaya dan menindasnya, karena Allah SWT telah menganjurkan mereka meskipun mereka kafir, fasik, dan zalim.

Ketiga, membunuh anak karena takut miskin

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan.”

Janganlah kalian membunuh anak-anak kalian baik laki-laki maupun perempuan karena kemiskinan dan kekurangan harta, Allah SWT telah mengatur rezeki setiap orang, bukan kalian yang menafkahi anak-anak kalian, bukan pula kalian yang menafkahi diri kalian sendiri.

photo
INFO GRAFIS Fakta-Fakta Unik tentang Alquran - (Republika)

Dan Allah SWT melapangkan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya, dan Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji, menguji siapa saja yang dikehendaki-Nya dengan kekayaan dan menguji siapa saja yang dikehendaki-Nya dengan kemiskinan.

Sebagian orang jahiliyah dahulu membunuh anak-anak mereka ketika masih kecil karena miskin, dan pada masa sekarang ini, sebagian orang menggugurkan janin yang ada di dalam kandungan ibunya karena takut miskin, dan ini adalah dosa besar, dan siapa saja yang membantu menggugurkan janin yang ada di dalam kandungan ibunya, maka dia telah ikut serta dalam perbuatan dosa tersebut, baik ibu, ayah, dokter atau yang lainnya, dan siapa saja yang terjerumus dalam perbuatan tersebut, maka dia wajib bertaubat, membayar diyat dan menunaikan kafaratnya.

Keempat... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement