Selasa 26 Mar 2024 13:11 WIB

Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa, Begini Penjelasannya

Doa untuk menjaga keteguhan iman ini sangat baik diamalkan setiap hari.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Warga berdoa bersama usai melaksanakan shalat berjamaah di rumah. (ilustrasi)
Foto:

Rasulullah Muhammad SAW memberikan penekanan khusus pada pentingnya hari Jumat dalam ajaran Islam. Beliau secara khusus menyeru umatnya untuk berdoa lebih banyak pada hari Jumat. 

Dalam banyak hadis, Nabi Muhammad juga menyampaikan keutamaan-keutamaan yang melekat pada hari Jumat, seperti keutamaan sholat Jumat, membaca surat Al-Kahfi, dan berdoa. 

Di tengah-tengah kesibukan harian, waktu Ashar memberikan jeda yang tepat untuk umat Islam untuk merenung, berdoa, dan memperkuat ikatan spiritual mereka dengan Allah SWT. Ini adalah momen yang ideal untuk mengalihkan perhatian dari urusan duniawi dan mengarahkannya pada aspek-aspek yang lebih bermakna dari kehidupan.

Hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: 

« يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ ». يُرِيدُ سَاعَةً « لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ ».

(Waktu siang) di hari Jumat ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jumat) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar. (HR. Abu Dawud).  

Kelima, doa ketika turun hujan

Hujan adalah salah satu tanda kebesaran Allah SWT. Dalam Alquran, hujan seringkali disebut sebagai rahmat dari Allah yang memberikan kehidupan kepada bumi yang kering. Kehadiran hujan yang membawa air bagi tanaman dan makhluk hidup lainnya adalah bukti nyata atas kasih sayang dan kekuasaan Allah.  

Oleh karena itu, ketika turun hujan dianjurkan untuk banyak berdoa. Sebab, pada saat itu banyak keberkahan yang datang ke bumi. Sehingga umat Muslim harus bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menarik perhatian Allah dengan berdoa.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: 

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement