Senin 18 Mar 2024 05:45 WIB

Benarkah Ada Kata Asing Selain Bahasa Arab dalam Alquran?

Alquran adalah kitab suci berbahasa Arab Murni

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi) Alquran adalah kitab suci berbahasa Arab Murni
Foto:

3. Dalam surat Taha, Allah SWT berfirman: 

وَكَذٰلِكَ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا وَّصَرَّفْنَا فِيْهِ مِنَ الْوَعِيْدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ اَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْرًا

Artinya: "Demikianlah, Kami menurunkan Alquran dalam bahasa Arab dan Kami telah menjelaskan berulang-ulang di dalamnya sebagian dari ancaman agar mereka bertakwa atau agar (Alquran) itu memberi pengajaran bagi mereka". (QS Taha [20]:113)

4. Allah SWT juga berfirman dalam Alquran: 

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ * نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ * عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ * بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

Artinya: "Sesungguhnya ia (Alquran) benar-benar diturunkan Tuhan semesta alam. Ia (Alquran) dibawa turun oleh Ruhulamin (Jibril). (Diturunkan) ke dalam hatimu (Nabi Muhammad) agar engkau menjadi salah seorang pemberi peringatan. (Diturunkan) dengan bahasa Arab yang jelas." (QS Asy-Syu‘ara' [26]:192-195)

Ibnu Katsir berkata: “Alquran yang Kami turunkan ini kepadamu, Kami turunkan dalam bahasa Arabmu yang fasih, lengkap, dan komprehensif".

5. Dalam surat Az Zumar, Allah SWT berfirman: 

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ * قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: " Sungguh, Kami benar-benar telah membuatkan dalam Alquran ini segala macam perumpamaan bagi manusia agar mereka mendapat pelajaran. (Yaitu) Alquran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa". (QS Az-Zumar [39]:27-28)

6. Dalam surat Fussilat, Allah SWT berfirman: 

حم * تَنْزِيلٌ مِنَ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * كِتَابٌ فُصِّلَتْ آيَاتُهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Artinya: "Ha Mim. (Alquran ini) diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan sebagai bacaan dalam bahasa Arab untuk kaum yang mengetahui." (QS Fussilat [41]:1-3)

7. Dalam surat Asy-Syura, Allah SWT berfirman: 

وَكَذٰلِكَ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لِّتُنْذِرَ اُمَّ الْقُرٰى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنْذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيْهِ ۗفَرِيْقٌ فِى الْجَنَّةِ وَفَرِيْقٌ فِى السَّعِيْرِ

Artinya: "Demikianlah Kami mewahyukan kepadamu Alquran yang berbahasa Arab agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qurā (Makkah) dan penduduk di sekelilingnya serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan keberadaannya. Segolongan masuk surga dan segolongan (lain) masuk neraka". (QS Asy-Syura [42]:7)

8. Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zukhruf: 

اِنَّا جَعَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَۚ

Artinya: "Sesungguhnya Kami menjadikannya sebagai Alquran yang berbahasa Arab agar kamu mengerti". (QS Az-Zukhruf [43]:3)

9. Dalam surat Al-Ahqaf, Allah SWT berfirman: 

وَمِنْ قَبْلِهٖ كِتٰبُ مُوْسٰٓى اِمَامًا وَّرَحْمَةً ۗوَهٰذَا كِتٰبٌ مُّصَدِّقٌ لِّسَانًا عَرَبِيًّا لِّيُنْذِرَ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا ۖوَبُشْرٰى لِلْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: "Sebelum itu (Alquran) telah ada Kitab Musa sebagai imam (anutan) dan rahmat. Ini (Alquran) adalah Kitab yang membenarkan (kitab-kitab sebelumnya) yang berbahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memberi kabar gembira kepada orang-orang muhsin." (QS Al-Ahqaf [46]:12)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement