Rabu 28 Feb 2024 01:05 WIB

Keutamaan Makan Kurma, Manakah yang Paling Bagus Dikonsumsi?

Imam Muslim juga mengeluarkan hadits tentang keutamaan mengonsumsi kurma.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Penjual kurma di Jabal Uhud sekitar lima kilo meter sebelah Utara kota Madinah, Ahad (13/8). (Republika/ Amin Madani)
Foto:

Keutamaan Konsumsi Kurma

Imam Muslim juga mengeluarkan hadits tentang keutamaan mengonsumsi kurma. Hadits ini juga diriwayatkan dari Sa'ad bin Abi Waqash. Rasulullah SAW bersabda:

«مَن أكَلَ سَبعَ تَمَراتٍ ممَّا بيْن لابَتَيها حينَ يُصبِحُ، لم يَضُرَّه سُمٌّ حتَّى يُمسِيَ»

"Siapa yang pada pagi hari memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara dua hamparan Madinah, maka dia tidak akan terganggu oleh racun sampai waktu petang." (HR. Muslim) Frasa "di antara dua hamparan" merujuk pada dua gurun yang mengelilingi Madinah.

Beberapa hadits tersebut menunjukkan bahwa siapa yang bangun pagi lalu mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa, maka tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu hingga malam hari.

Namun, seperti telah disebutkan di atas, ada riwayat yang membatasi pada kurma Al-Aliyah, dan ada pula yang membatasi pada kurma Madinah. Berdasarkan hal ini, para ulama telah memberikan pandangan.

Para ulama menyepakati siapa yang ingin melindungi dirinya dari sihir, maka harus makan tujuh butir kurma Ajwa dari Madinah. Namun, jika tidak menemukan kurma dari Madinah, maka boleh menggunakan kurma yang mana saja.

Secara dzahir, hadits-hadits tersebut...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement