Rabu 07 Feb 2024 21:30 WIB

Jangan Tidur Sebelum Baca Dzikir Ini, Dosa Sebanyak Buih di Laut Pun Diampuni

Dzikir ini memuat pujian dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Walaupun dosa-dosa yang telah dilakukannya tergolong berat dan tidak terhingga jumlahnya. Ini karena rahmat Allah SWT sangatlah luas.

Meminta ampunan kepada Allah SWT disyariatkan bagi setiap Muslim. Dalam memohon ampunan Allah SWT itu tentu harus menghadirkan hati. Nabi Muhammad SAW bersabda:

إنّ الله لا يستجيب دعاءً من قلب غافل لاه

"Allah SWT tidak mengabulkan permohonan doa dari hati yang lalai (tidak serius)." (HR. Tirmidzi)

Mantan Mufti Agung Mesir Syekh Dr Ali Jum'ah menjelaskan, dzikir adalah ibadah yang memiliki keutamaan besar. Berdzikir adalah ibadah yang menjauhkan diri dari setan dan menjadi benteng dari godaan setan.

Orang yang senantiasa berdzikir, maka meski muncul nafsu dan syahwat, akan dapat teratasi dengan banyak ibadah dan mengurangi banyak makan, tidur dan bicara. "Allah SWT menekankan dzikir dengan penekanan yang besar, hingga Dia menjadikannya di atas semua ibadah. Misalnya, pada awal sholat, kita berucap 'Allahuakbar'," jelasnya.

Pun di akhir sholat, semua Muslim mengucapkan 'Assalamualaikum wa rahmatullah'. Yang artinya ialah 'Semoga Allah melimpahkan keselamatan serta rahmat-Nya padamu'. Ini semua adalah bagian dari dzikir. Termasuk juga dalam ibadah lain misalnya dalam haji.

Allah SWT berfirman, "Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS Al-Baqarah ayat 152)

Sumber: Elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement