Rabu 07 Feb 2024 21:30 WIB

Jangan Tidur Sebelum Baca Dzikir Ini, Dosa Sebanyak Buih di Laut Pun Diampuni

Dzikir ini memuat pujian dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan sabda terkait bacaan dzikir yang dapat dibaca sebelum tidur. Dalam riwayat Abu Said al-Khudri, Nabi beliau SAW bersabda,

«مَنْ قالَ حِينَ يَأْوِي إِلى فِرَاشِهِ أَسْتَغْفِرُ الله العظيم الّذِي لا إلهَ إلاّ هُوَ الحَيّ القَيّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ ثَلاَثَ مَرّاتٍ غَفَرَ الله لَهُ ذُنُوبَهُ وإنْ كَانَتَ مِثْلَ زَبَدِ البحْرِ، وإِنْ كانَتْ عَدَدَ وَرَقِ الشّجَرِ، وإِنْ كَانَتْ عَدَدِ رَمْلِ عَالِجٍ وَإِنْ كَانَتْ عَدَدَ أيّامِ الدّنْيَا‏»

Baca Juga

"Siapa yang hendak menuju tempat tidurnya, lalu mengucapkan 'Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri aku bertaubat kepada-Nya', sebanyak tiga kali, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih di lautan, sebanyak bintang, sebanyak pasir yang terhampar, dan sebanyak hitungan waktu yang ada di dunia." (HR Tirmidzi)

Adapun lafadz dzikir tersebut sebagai berikut.

 

Dzikir Sebelum Tidur Agar Dosa Diampuni 

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِى لَا اِلهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Latin:

Astaghfirullah alladzii laa ilaa-ha illaa huwal hayyul qoyyuum wa athuu-bu ilaih

Terjemahan:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri aku bertaubat kepada-Nya."

Hadits tersebut, demikian penjelasan menurut Imam Shafi Al-Rahman Al-Mubarakfuri, mengandung pesan tentang dzikir yang diajarkan Rasulullah SAW. Dzikir ini memuat pujian kepada Allah SWT dan memohon ampun kepada Allah dari segala dosa.

Al-Mubarakfuri juga memaparkan, hadits tersebut mengandung keutamaan yang agung dan mulia untuk minta ampunan kepada Allah dengan mengucapkan dzikir sebagaimana yang tertuang dalam hadits itu.

Adapun dzikir tersebut bisa diucapkan sebanyak tiga kali. Dzikir ini perlu dibaca oleh setiap Muslim, sekalipun dia telah bergelimang penuh dosa.

Walaupun dosa-dosa yang telah dilakukan...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement