Selasa 30 Jan 2024 14:08 WIB

Kalimat Thayyibah dan Waktu yang Tepat Membacanya 

Kalimat Thayyibah merupakan dzikir yang harus diulang-ulang.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto:

Keenam, Tahlil dibaca untuk menegaskan tauhid, hanya beribadah kepada Allah SWT. Seseorang yang masuk Islam, ia harus membaca syahadat yang berisi kalimat tahlil. Tahlil juga untuk mentalqin orang yang hendak meninggal (sakaratul maut). Mentalqin juga dapat diartikan membimbing orang yang sedang sakaratul maut membaca Laa ilaaha illallah (Tahlil). 

Tahlil biasa dibaca setelah sholat lima waktu. Tahlil juga bisa dibaca kapan saja sebagai upaya mengingat dan memuji Allah setiap saat. 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Laa ilaaha illallah

Tiada Tuhan selain Allah 

Ketujuh, Istighfar biasanya dibaca ketika kita melakukan kesalahan atau telah berbuat dosa. Istighfar juga menjadi zikir yang dibaca pada pagi dan petang, zikir setelah sholat.  

Istighfar juga bisa dibaca kapan saja sebagai upaya memperbanyak membaca Istigfar setiap hari. Hal ini disunnahkan Nabi Muhammad SAW yang dalam riwayat dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW membaca Istighfar tidak kurang dari 70 kali dalam sehari, ada juga pendapat yang mengatakan 100 kali dalam sehari. 

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ

Astaghfirullahal ‘adhiim

Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung 

Kedelapan, Hauqalah biasa diucapkan ketika seseorang menghadapi tantangan, ujian dan kesulitan atau sesuatu yang berat dalam kehidupannya. Bahkan ketika diserukan menuju sholat dan kemenangan dalam adzan, jawabannya adalah kalimat hauqalah. 

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Tiada daya dan kekuatan selain dari Allah 

Kesembilan, Salam biasanya dibaca ketika bertemu dengan sesama Muslim. Kalimat ini juga diucapkan ketika mengakhiri sholat. Salam juga biasanya ditulis untuk mengawali surat di masa belum ada smartphone. Sekarang Salam bisa digunakan untuk mengawali telepon dan mengirim pesan teks kepada sesama Muslim. 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh 

 

Semoga Allah limpahkan keselamatan, rahmat dan berkah-Nya kepada kalian

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement