Selasa 30 Jan 2024 13:56 WIB

Analis Politik: Jawa Tengah Bakal Jadi Battle Ground Prabowo dan Ganjar

Analis politik menilai Jawa Tengah akan menjadi battle ground bagi Prabowo dan Ganjar

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Capres no urut 2 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman dengan pasangan capres no urut 3 Ganjar Pranowo. Analis politik menilai Jawa Tengah akan menjadi battle ground bagi Prabowo dan Ganjar
Foto: Republika/Prayogi
Capres no urut 2 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman dengan pasangan capres no urut 3 Ganjar Pranowo. Analis politik menilai Jawa Tengah akan menjadi battle ground bagi Prabowo dan Ganjar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, mengatakan Jawa Tengah adalah Battle Ground Pilpres 2024. Menurut Arifki, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal berusaha untuk mempertahankan Jawa Tengah sebagai 'kandang banteng'. Namun, pada sisi lain Jokowi bakal menjadi magnet baru perubahan kekuatan politik di Jawa Tengah. 

Arifki melihat capres Ganjar Pranowo menghadiri kampanye akbar di di Alun-Alun Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Ahad (28/1/2024). Sedangkan di hari yang sama Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri kampanye akbar yang berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Baca Juga

“Jawa Tengah itu adu pengaruh Ganjar dan Gibran dalam memperebutkan suara di kampung halamannya. Dan juga, ada taktik Megawati dan Jokowi sebagai King Maker Pilpres 2024. Dengan Jawa Tengah menjadi Battle Ground Pilpres 2024, maka TPN Ganjar-Mahfud dan TKN Prabowo-Gibran berusaha membangun solidaritas partai pengusung dan pengaruh di masyarakat," kata Arifki, Selasa (30/1/2024)

Arifki menyebut pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Yogyakarta akhir pekan kemarin  juga memiliki simbol dari kekompakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024. Dan pesan itu disampaikan di lokasi yang juga menjadi perebutan pengaruh Prabowo-Ganjar.

“Pertempuran di Jawa Tengah bukan hanya soal Ganjar dan Gibran, tetapi misi bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menguasai Jawa Tengah. Pesan itu terbaca, karena baik itu Ganjar atau Prabowo, sepertinya menilai Jawa Tengah adalah kunci kemenangan," ucap Arifki.

Prabowo bersama elit koalisi Indonesia Maju pada Ahad kemarin menghadiri acara Kirab Kebangsaan di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.

Sehari setelah itu, Prabowo memamerkan makan bakso bersama dengan Presiden Joko Widodo di Magelang usai menghadiri acara kenegaraan.

Sebelumnya, capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengaku heran terhadap kegiatan Presiden Jokowi dan sejumlah ketua umum parpol. Menurutnya, Jokowi dan para ketum parpol itu rajin berkunjung ke Jawa Tengah yang merupakan kandang PDIP.

Meski demikian, ia mengaku telah menyiapkan strategi untuk mempertahankan suara di Jawa Tengah, seperti pada pemilu 2014 dan 2019. Namun, Ganjar mengatakan perlu kerja keras menjelang hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Kita pasti bekerja keras, karena Jateng adalah Kandang Banteng, maka banyak yang akhirnya mungkin harus membuat cara-cara tersendiri. Makanya, yang lain kok banyak yang seneng dateng ke Jawa Tengah ya," ujar Ganjar dalam kampanye akbarnya di Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ahad (28/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement