Jumat 05 Jan 2024 14:44 WIB

Syaiful Karim Salah Tafsirkan Surat Al Qariah, Ini Kata Pakar Alquran

Surat Al-Qariah merupakan salah satu nama Hari Kiamat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

"Jadi memang harus berhati-hati betul di dalam melantunkan ayat suci Alquran. Karena tidak boleh ada kesalahan satu huruf pun. Bahkan, harakat juga gak boleh salah. Karena, kesalahan dalam harakat apalagi kesalahan huruf, maka itu akan menyebabkan maknanya berbeda," kata Kiai Ahsin.

"Sehingga apa yang ingin disajikan Alquran akhirnya menjadi salah. Kita kan menyampaikan sesuatu yang salah tidak boleh. Jadi harus hati-hati," kata doktor salah satu universitas di Madinah ini.

Sebelumnya, beredar video ceramah Syaiful Karim saat menafsirkan surat Al-Qari'ah. Dalam ceramahnya, Syaiful memaknai arti ayat dalam surat Al-Qari'ah. Menurut dia, seharusnya Al-Qari'ah itu artinya adalah pembaca perempuan, bukan bermakna Hari Kiamat.

"Sayang sekali surat Al-Qari'ah selama ini diterjemahkan Hari Kiamat, saya juga bingung. Kok Al-Qari'ah hari kiamat, padahal Qari' itu adalah pembaca laki-laki. Qari'ah pembaca perempuan. Pakai alif lam itu kata benda menjelaskan bahwa Al-Qariah itu si pembaca. Jadi Al-Qari'ah itu artinya pembaca," jelas Syaiful dikutip dari video viral itu.

"Maaf ya kok saya juga gak ngerti kenapa Al-Qari'ah jadi Hari Kiamat," kata dia yang kemudian terus mengartikan ayat pertama sampai ketiga dalam surat Al-Qari'ah sebagai 'Pembaca'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement