Jumat 05 Jan 2024 14:44 WIB

Syaiful Karim Salah Tafsirkan Surat Al Qariah, Ini Kata Pakar Alquran

Surat Al-Qariah merupakan salah satu nama Hari Kiamat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini viral video ceramah dosen fisika dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Saiful Karim tentang surat Al Qari'ah. Namun, dalam ceramahnya ia menafsirkan kata Al-Qari'ah sebagai pembaca perempuan.

Padahal, Al-Qari'ah tersebut merupakan salah satu nama Hari Kiamat. Menanggapi hal itu, pakar ilmu-ilmu Alquran KH Ahsin Sakho Muhammad menegaskan Saiful Karim tersebut telah salah dalam memaknai Al-Qari'ah.

Baca Juga

BACA JUGA: Kemenag Respons Dosen Fisika yang Tafsirkan Surat Al Qariah

"Itu jelas salah itu. Hamzah dengan Ain kan berbeda dan nanti penafsirannya juga salah. Oleh karena itu, harus ditegur. Ayat ini tentang hari kiamat. Kan berbeda dengan pembaca perempuan," ujar Kiai Ahsin saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (5/1/2024).

Di seluruh kitab tafsir Alquran, menurut dia, sudah jelas Al-Qari'ah itu bermakna Hari Kiamat. Karena itu, dia pun berpesan kepada para penceramah atau dai untuk menguasai ilmu nahwu, sharaf, dan ilmu tafsir sebelum menafsirkan ayat suci Alquram.

"Ilmu Nahwu, ikmu Sharaf, ilmu qiraat itu harus dikuasai. Karena teks Alquran itu yang khusus berkaitan dengan teks Alquran itu adalah ilmu qiraat. Kemudian, cara membacanya dengan ilmu tajwid. Untuk mencari maknanya ya harus kembali ke kitab-kitab tafsir," ucap jebolan Pondok Pesantren Lirboyo dan Pesantren Krapyak ini.

Selain itu, Kiai Ahsin juga mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk berhati-hati betul saat melantunkan ayat suci Alquran. Karena, menurut dia, ketika salah membaca satu huruf, maknanya bisa berubah.

Jadi memang harus berhati-hati...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement