Senin 01 Jan 2024 19:29 WIB

Alquran Gambarkan Kondisi Bintang dan Matahari Saat Kiamat, Sains Membuktikannya?

Sains membuktikan keadaan tata surya pada hari kiamat kelak

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Badai Matahari (ilustrasi). Sains membuktikan keadaan tata surya pada hari kiamat kelak

Dilansir dari buku Tafsir Ilmi: Kiamat Dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2011. 

Dijelaskan bahwa pada dasarnya sangat mungkin fenomena kiamat yang sesungguhnya tidak tergambarkan oleh sains. Itu karena keadaan saat kiamat sangat mungkin di luar kelaziman hukum alam yang dikenal sains.  

Tetapi untuk sekadar memberi gambaran fenomena yang mungkin menjelaskan keadaan tersebut atau sekadar melihat miniatur fenomena yang pernah terjadi, dalam beberapa hal sains bisa digunakan. Detail tentang hari kehancuran atau hari kiamat hanya Allah  SWT yang tahu, sedangkan manusia hanya diberi ilmu yang sedikit. 

Alquran hanya memberi beberapa isyarat tentang hari kehancuran alam semesta ini, belum tentu sebagai suatu rangkaian mekanisme yang pernah terjadi atau dapat diperkirakan oleh sains saat ini. Tetapi, mengkaji kemungkinan secara ilmiah diharapkan dapat memperkuat keyakinan kita akan kepastian hari kehancuran. 

 

photo
Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement