Senin 01 Jan 2024 12:38 WIB

Al-Qari'ah Salah Satu Nama Hari Kiamat, Ini Artinya

Al-Qari'ah menjadi nama salah satu surat dalam Alquran.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Hari Kiamat (ilustrasi)
Foto: pulsk.com
Hari Kiamat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al-Qari'ah artinya suara ketukan yang keras. Kata ini terambil dari kata Qara'a-Yaqra'u-Qar'an yang berarti mengetuk. Al-Qari'ah juga bermakna suara keras yang mengetuk dan memekakkan telinga.

Suara sangat keras yang mengetuk dan memekakkan telinga ini terjadi pada awal hari Kiamat. Saat itu, terdengar suara keras yang menggelegar akibat kehancuran yang maha dahsyat. Suara keras yang memekakkan telinga (Al-Qari'ah) ini merupakan tanda awal kehancuran alam.

Baca Juga

BACA JUGA: Berencana Keluar Rumah? Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini 1 Januari 2024 di Jabodetabek

Al-Qari'ah menjadi salah satu nama hari Kiamat dari sekian banyak nama hari Kiamat. Kiamat merupakan istilah yang populer dalam kosakata bahasa Indonesia, yang dipahami sebagai kehancuran dunia dan isinya.

Ada sekitar 32 nama yang mengisyaratkan tentang Kiamat dalam Alquran. Sebagian nama terkait dengan proses kehancuran alam (Kiamat). Sebagian lainnya mengisyaratkan pada keadaan manusia sesudah terjadinya Kiamat, seperti yaumul-mahsyar (hari tempat berkumpul), yaumul-jam‘i (hari pengumpulan seluruh makhluk), yaumul-hisab (hari perhitungan), dan yaumul- jaza' (hari pembalasan).

Secara umum, istilah Alquran yang menunjuk pada makna Kiamat dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu nama yang menggambarkan karakteristiknya. Kedua, julukan yang menggambarkan keadaan hari dan manusia pada saat itu. Ketiga, julukan yang menggambarkan sifat- sifatnya.

Al-Qari'ah menjadi nama salah satu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement