Senin 25 Dec 2023 19:13 WIB

Doa dan Dzikir untuk Menghadapi Kesulitan dan Kesusahan Hidup

Islam mengajarkan sabar dan bertawakal kepada Allah ketika menghadapi kesulitan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah santri punk melaksanakan buka puasa bersama di Pondok Tasawuf Underground, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (7/4/2023).
Foto:

Mereka berdoa kepada Allah semoga dilimpahi rahmat dari sisi-Nya. Mereka mengharapkan pengampunan, ketenteraman, dan rezeki dari Allah sebagai anugerah yang besar atas diri mereka. Selain itu, mereka juga memohon agar Allah memudahkan bagi mereka jalan yang benar untuk menghindari godaan dan kezaliman orang-orang kafir dan memperoleh ketabahan dalam menaati Tuhan sehingga tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Sungguh Allah telah menolong mereka. Ketika raja kafir itu berhasil menemukan jejak mereka pada pintu gua itu, lalu masuk ke dalamnya, maka Allah SWT menutup penglihatan mereka sehingga tidak dapat melihat para pemuda tersebut.

Oleh karena itu, akhirnya raja memutuskan menutup pintu gua dengan perkiraan bahwa mereka akan mati kelaparan dan kehausan. Selain itu, ketika menghadapi kesulitan hidup, umat Islam juga bisa membaca dzikir yang dapat memberikan ketenangan dan dapat mengeluarkan dari kesulitan hidup. Di antaranya adalah dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum.

Dzikir ini dipanjatkan Rasulullah ketika beliau sedang mengalami kesulitan. Dalam kitab Al-Jawabul Kafi Liman Saala ‘Anid Dawaaisy-Syafi, Ibnu Qayyim menjelaskan, Ya Hayyu Ya Qayyum juga dikenal sebagai Ismul a'dzham atau Ismullahil a'dzham.

Ismul a'dzham atau Ismullahil a'dzham adalah nama Allah Yang Paling Agung yang ada di dalam Alquran. Nama-nama ini, jika digunakan untuk berdoa maka doa orang tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT dengan segera. Penggunaan doa ini juga telah banyak diamalkan oleh orang-orang shalih dan para wali Allah SWT sejak zaman dahulu, sebelum masa Rasulullah SAW hingga sekarang.

Itulah doa dan dzikir yang dapat diamalkan oleh umat Islam untuk menghadapi kesulitan dalam hidup. Ingatlah untuk selalu bersabar, berdoa dengan tulus, dan berusaha menghadapi kesulitan dengan sikap yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement