Jumat 15 Dec 2023 06:12 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Tuntunan Membangun Keluarga Ala Nabi Muhammad SAW

Nabi SAW selalu mempermudah urusan keluarga dan sederhana dalam beribadah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang gadis Muslim India berpakaian peri bermain dengan keluarganya setelah berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Masjid Jama di New Delhi, India, Ahad, 3 April 2021.
Foto:

Keempat, Nabi selalu menggembirakan keluarga dan meluangkan waktu untuk mereka.

Aisyah Radhiyallahu ‘anha bercerita, "Aku pernah keluar bersama Rasulullah dan saat itu aku masih kurus. Ketika kami telah sampai di suatu tempat, beliau berujar kepada para sahabatnya, ‘Pergilah kalian terlebih dahulu'."

"Kemudian Nabi SAW menantangku untuk berlari, 'Ayo ke sinilah! Aku akan berlomba denganmu.' Kemudian beliau berlomba denganku. Namun akhirnya, akulah yang memenangkan lomba tersebut."

"Pada lain kesempatan, aku kembali keluar bepergian bersama beliau, dan saat itu badanku semakin besar. Ketika kami berada di suatu tempat, Rasulullah kembali berkata kepada para sahabatnya, ‘Pergilah kalian terlebih dahulu!'."

"Kemudian beliau menantangku untuk berlari, ‘Ayo ke sinilah! Aku akan berlomba denganmu’. Kemudian beliau berlomba denganku, tetapi akhirnya beliaulah yang memenangkan lomba tersebut. Beliau mengatakan bahwa ini adalah balasan dari kekalahan beliau sebelumnya sembari menepuk pundakku." (HR Thabrani).

Juga diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan, “(Suatu malam), aku menginap di rumah bibiku Maimunah (istri Nabi SAW). Rasulullah SAW berbincang-bincang dengan istrinya (Maimunah) beberapa saat kemudian beliau tidur.” (HR Bukhari dan Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement