Senin 11 Dec 2023 16:09 WIB

Rahasia Tubuh Manusia Sebagai Tanda Kekuasaan Allah

Manusia diciptakan menjadi makhluk paling sempurna.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung membandingkan replika kaki dari  Homo Floresiensis menggunakan telapak tangan saat berkunjung ke kawasan Sains RP Soejono, BRIN, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2023). Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperingati 20 tahun penemuan fosil manusia purba atau Homo Floresiensis. Pameran tersebut bertajuk The Commemoration of the 20th Anniversary of Homo Floresiensis Discovery dengan menyajikan pameran fosil serta diksusi ilmiah bersama arkeolog nasional dan luar negeri terkait penemuan fosil Homo Floresiensis. The Hobit Flores atau manusia purba kerdil asal Flores tersebut memiliki keunikan karena bentuk tengkoraknya yang lebih kecil dari tengkorak manusia modern dan juga memiliki tinggi badan 106 centimeter dengan bobot tubuh 27,5 kilogram. Homo Floresiensis ditemukan di situs Liang Boa yang merupakan gua di perbukitan karst Kabupaten Manggarai, Flores pada tahun 2003. Meski demikian proses penelitaian tersebut sudah berlangsung dari tahun 1965. Berdasarkan hasil uji laboratorium, fosil Homo Floresiensis berusia sekitar tiga puluhan ribu tahun yang lalu.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung membandingkan replika kaki dari Homo Floresiensis menggunakan telapak tangan saat berkunjung ke kawasan Sains RP Soejono, BRIN, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2023). Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperingati 20 tahun penemuan fosil manusia purba atau Homo Floresiensis. Pameran tersebut bertajuk The Commemoration of the 20th Anniversary of Homo Floresiensis Discovery dengan menyajikan pameran fosil serta diksusi ilmiah bersama arkeolog nasional dan luar negeri terkait penemuan fosil Homo Floresiensis. The Hobit Flores atau manusia purba kerdil asal Flores tersebut memiliki keunikan karena bentuk tengkoraknya yang lebih kecil dari tengkorak manusia modern dan juga memiliki tinggi badan 106 centimeter dengan bobot tubuh 27,5 kilogram. Homo Floresiensis ditemukan di situs Liang Boa yang merupakan gua di perbukitan karst Kabupaten Manggarai, Flores pada tahun 2003. Meski demikian proses penelitaian tersebut sudah berlangsung dari tahun 1965. Berdasarkan hasil uji laboratorium, fosil Homo Floresiensis berusia sekitar tiga puluhan ribu tahun yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia diciptakan menjadi makhluk paling sempurna. Tubuh manusia yang tersusun dari organ dalam dan organ luar itu adalah termasuk dari tanda-tanda kekuasaan Allah ta'ala. Alquran menyeru manusia untuk memperhatikan dan memikirkan proses penciptaan dirinya sebagai tanda kekuasaan Allah.

Sebab tubuh manusia menyimpan rahasia-rahasia yang membuktikan kebesaran Allah ta'ala. Sebagaimana firman-Nya:

Baca Juga

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ ۗ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

Artinya: Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan). Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Alquran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Alquran surat Fushshilat ayat 53).

 

وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

Artinya: dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (AZ Zariyat ayat 21).

Nadiah Thayyarah dalam Mausu’ah al I’Jaz al Qur’ani yang diterjemahkan menjadi Buku Pintar Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah memaparkan sejumlah keistimewaan organ-organ tubuh manusia. Sel merupakan unit inti pembentuk makhluk hidup. Dan dalam tubuh manusia dewasa terdapat sekitar 100 triliun sel atau lebih. Sel-sel itu memiliki bentuk dan fungsi yang beragam.

Misalnya saja, jantung terdiri atas dua alat pompa yang bekerja terus menerus tanpa henti. Dalam satu menit, jantung berdetak rata-rata 70 kali, sehari berdetak sampai 100.000 kali dan memompa 8.000 sampai 15.000 liter darah. Jika fungsi jantung terhenti hanya selama tiga detik saja, maka akan mengakibatkan kelumpuhan otak dan menyebabkan kematian.

Sementara otak yang memiliki berat hanya 1.330 gram juga memiliki keistimewaan tersendiri. Organ otak terdiri atas 100 miliar neuron (sel saraf).

Pertumbuhan otak terus bertambah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement