Kamis 09 Nov 2023 14:19 WIB

Kerugian tidak Sholat Berjamaah, Mudah Dikuasai Setan

Sholat adalah tiang agama.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat
Foto:

Pada umumnya para petani meninggalkan sholat dengan alasan sibuk bertani, dan mereka yang merasa mengerti agama pun sholat sendirian. Padahal jika para petani itu berkumpul di suatu tempat, mereka tentu dapat menyelenggarakan jamaah besar dan menghasilkan pahala lebih besar. 

Untuk mendapatkan sedikit uang saja mereka mau bersusah payah tanpa mempedulikan hujan, panas, dingin, dan sebagainya. Sayang, mereka rela menyia-nyiakan pahala yang sangat besar tanpa merasa rugi sedikit pun. Jika mereka sholat berjamaah di tengah padang, pahalanya akan jauh lebih besar. 

Dilansir dari buku Fadhail Namaz yang disusun Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rahmatullah alaih dan diterjemahkan Tim Penerjemah Kitab Fadhilah Amal Masjid Jami Kebon Jeruk Jakarta, diterbitkan Pustaka Ramadhan.

Disebutkan juga dalam hadits bahwa pahalanya mencapai lima puluh sholat. Dinyatakan dalam sebuah hadits bahwa seorang penggembala kambing baik di gunung maupun di tengah padang yang mengumandangkan adzan dan mendirikan sholat, Allah SWT sangat menyukainya dan Allah SWT membanggakan mereka di hadapan para malaikat.

"Lihatlah hamba-Ku yang menyerukan adzan, lalu ia mendirikan sholat. lni semua karena rasa takutnya kepada-Ku. Sungguh, Aku telah mengampuninya dan Aku memutuskan untuk memasukkannya ke dalam surga." (dari Kitab Misykat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement