Jumat 27 Oct 2023 14:30 WIB

Begini Cara Bersedekah Agar Diridhai Allah SWT

Diantara orang-orang yang dirindukan surga adalah para dermawan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Misalnya, seseorang hendak mengeluarkan zakat maka harus diberikan kepada orang-orang yang termasuk dalam mustahik zakat atau orang-orang yang berhak menerima zakat, yakni ada delapan asnaf yaitu fakir, miskin, riqab, gharim, fisabilillah, mualaf, ibnu sabil, amil. Maka, tidak boleh zakat diberikan kepada orang yang bukan mustahik zakat. 

Seorang yang hendak berzakat juga perlu mengetahui tentang cara mengeluarkan harta zakatnya sesuai jenis aset wajib zakatnya semisal emas, hasil usaha, atau investasi, yang memiliki hitungan tersendiri.

Ketiga, bersedekah sesuai kemampuan. Bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Bagi para hartawan, bersedekah dapat dilakukan dalam bentuk materil. Sedang bagi orang yang tidak memiliki harta dapat berderma dengan tenaga atau pun pikirannya.

 

Bahkan, seseorang hadir memberikan solusi dan menjadi mediator antara hartawan dan dhuafa juga sejatinya telah berderma. Sebab diantara tuntunan Rasulullah adalah membuat orang lain menjadi gembira atas kehadirannya. Dapat juga dengan membantu melunasi utang orang lain atau membantu menyelesaikan masalah saudaranya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement