Sabtu 16 Mar 2024 14:39 WIB

Sepuluh Cincin dari Malaikat Untuk Calon Penghuni Neraka

Pada setiap cincin tersebut terdapat pesan dari Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Neraka
Foto: Pixabay
Ilustrasi Neraka

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad menjelaskan tentang sepuluh cincin yang diberikan malaikat kepada orang-orang yang akan masuk surga dan orang-orang yang akan masuk neraka. Pada setiap cincin tersebut terdapat pesan dari Allah SWT.

Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni menjelaskan hadits yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu anha.

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bersabda: Apabila Allah berkehendak memasukkan ahli surga ke dalam surga, terlebih dahulu mengutus malaikat untuk menemui mereka dengan membawakan hadiah dan busana dari surga jika nanti mereka akan masuk surga. Maka berkatalah Malaikat kepada mereka, “Sesungguhnya aku membawakan hadiah tuan dari Allah Tuhan semesta alam.” 

Mereka (ahli surga yang akan masuk surga) bertanya, “Hadiah apa itu?” Malaikat menjawab, “Itu adalah sepuluh cincin."

Kemudian Nabi Muhammad SAW menjelaskan pesan atau tulisan dari Allah SWT pada setiap cincin untuk calon penghuni surga. Setelah menjelaskan itu, Nabi Muhammad SAW menjelaskan pesan atau tulisan dari Allah SWT pada setiap cincin untuk calon penghuni neraka.

وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يُدْخِلَ أَهْلَ النَّارِفِي النَّارِبَعَثَ إِلَيْهِمْ مَلَكًا وَمَعَهُ عَشَرَةُ خَوَاتِمَ:

Apabila Allah berkehendak memasukkan (calon) penghuni neraka ke dalam neraka, maka terlebih dahulu mengutus Malaikat kepada mereka dengan membawa sepuluh buah cincin (pula).

Pada cincin yang pertama tertuliskan: Masuklah ke dalam neraka, di situ kamu tidak mati-mati, tidak juga hidup (senang) dan tidak akan keluar.

Pada cincin kedua ditulis: Bergelimanganlah kamu dalam siksaan yang tidak pernah berhenti.

Pada cincin ketiga ditulis: Berputus harapanlah kamu dari rahmat-Ku.

Pada cincin keempat ditulis: Masuklah kamu ke dalam neraka dengan penuh kebingungan dan kesedihan selamanya.

Pada cincin kelima ditulis: Pakaian kamu adalah api, makanan kamu adalah Zaqqum, minuman kamu adalah Hamiim (air yang sangat panas), hamparan kamu adalah api dan tempat berteduh kamu adalah api.

Pada cincin keenam ditulis: Ini adalah pembalasan bagi kamu, pada hari ini, disebabkan maksiat yang kamu lakukan.

Pada cincin ketujuh ditulis: Kemurkaan-Ku atas kamu di dalam neraka selamanya.

Pada cincin kedelapan ditulis: Atas kamu kutukan disebabkan oleh dosa besar yang telah kamu lakukan dengan sengaja dan kamu tidak mau bertobat dan tidak (pula) menyesalinya.

Pada cincin kesembilan ditulis: Teman-teman kamu adalah setan di neraka selamanya.

Pada cincin kesepuluh ditulis: Kamu telah mengikuti setan, kamu mengharapkan dunia dan meninggalkan akhirat, maka inilah pembalasan bagi kamu.

Sesungguhnya di dalam neraka Jahannam terdapat 70.000 jurang, masing-masing jurang terdapat 70.000 liang (gua) dan masing-masing liang (gua) terdapat 70.000 rumah. Masing-masing rumah terdapat terdapat 70.000 lokal. Masing-masing lokal terdapat 70.000 sumur, masing-masing sumur terdapat 70.000 ular. Dan di dalam setiap rongga mulut ular terdapat 70.000 kalajengking. Orang kafir maupun munafik, tidak berakhir sehingga menghadapi semua itu. (Syekh Nawawi al-Banteni, Nashaihul Ibad)

NOTE:

Sebelumnya sudah publis tulisan yang berhubungan dengan tulisan ini, judulnya: Sepuluh Cincin Untuk Calon Penghuni Surga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement