Jumat 27 Oct 2023 14:30 WIB

Begini Cara Bersedekah Agar Diridhai Allah SWT

Diantara orang-orang yang dirindukan surga adalah para dermawan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diantara orang-orang yang dirindukan surga adalah para dermawan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah Radhiyallahu Anha:

 

Baca Juga

عن عائشة رضي الله عنهما قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم السخيّ قريب من الله تعالى، قريب من الناس، قريب من الجنة، بعيد عن النار. والبخيل بعيد من الله تعالى، بعيد من الناس، بعيد من الجنة، قريب من النار. والجاهل السخيّ أحب إلى الله تعالى من العابد البخيل

 

 

Artinya, “Dari Aisyah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. Sebaliknya, orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga, dan dekat dengan neraka. Orang bodoh yang dermawan lebih disukai oleh Allah daripada ahli ibadah yang kikir.’” 

 

Lalu, bagaimana agar berderma yang dilakukan diridhai Allah SWT? Setidaknya ada tiga hal yang hal yang dapat dilakukan seorang Muslim yang hendak bersedekah agar diridhai Allah SWT.

 

Pertama, diawali dengan niat ikhlas karena Allah. Untuk bersedekah perlu diawali dengan niat yang ikhlas. Menunjukkan semua pada Allah SWT. Dengan begitu berderma yang dilakukan seperti sedekah atau berzakat akan mendapatkan ridha dan pahala Allah. Bersedekah dengan motif yang ikhlas, mendedikasikan itu semua untuk Allah dan target-target yang diridhai oleh Allah SWT.

 

Kedua, bersedekah sesuai tuntunan syariat. Seseorang yang akan bersedekah hendaknya terlebih dulu mempelajari tuntunannya sesuai syariat Islam.

Misalnya, seseorang hendak mengeluarkan...

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement