Selasa 24 Oct 2023 03:05 WIB

Keutamaan Menangis dalam Doa dan Saat Mengingat Allah

Allah menguji orang beriman.

Ilustrasi Muslimah
Foto:

Lantas, menangis sambil berdoa samakah dengan menangis karena mengingat Allah? Mohsen mengatakan, menangis saat membaca Alquran, saat sholat atau saat berdoa, adalah salah satu ciri orang yang shalih. Diriwayatkan dari Mutarrif bahwa ayahnya berkata:

"Saya datang kepada Nabi Saw ketika dia sedang berdo'a, dan ada suara yang keluar dari dadanya seperti suara air mendidih," artinya, dia sedang menangis. (An-Nasa'i)

Mohsen menuturkan, menangis saat berdoa adalah tanda takut kepada Allah. Sementara takut akan Allah adalah perintah dari Allah. Ada banyak ayat Alquran yang menyebutkan perintah Ilahi agar takut kepada Allah.

"Ketika Anda takut kepada Allah, Anda memiliki hasrat untuk melakukan perbuatan baik. Masuk surga dijamin juga ketika Anda takut kepada Allah," kata Mohsen.

Para ulama berpendapat menangis selama sholat atau ketika berdoa dapat memurnikan hati dan membawa lebih dekat kepada Allah. Sementara itu, Muslim haruslah percaya bahwa menjadi seorang Muslim tidak menyelamatkan seseorang dari ujian dalam kehidupan ini.

Sebab jika tidak ada cobaan, manusia tidak bisa membedakan antara yang beriman dan tidak beriman. Namun, ujian sejatinya adalah hukum Ilahi untuk menguji orang-orang yang beriman.

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (QS. al-Ankabut: 2-3).

Bahkan apa yang terjadi pada Nabi Adam, dia diuji hingga Allah menerima taubatnya dan mengangkat posisinya. Hal yang sama berlaku untuk semua Nabi lainnya. Begitupun Nabi Muhammad Saw dan para sahabat serta para pengikutnya juga diuji dalam berbagai bentuk.

Ujian orang beriman...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement