Senin 25 Sep 2023 17:08 WIB

Dalil Membaca Ta'awudz Sebelum Baca Alquran

Ta'awudz adalah untuk mengusir was-was.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah santri punk belajar mengaji di Pondok Tasawuf Underground, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (7/4/2023). Pada bulan suci Ramadan kali ini Pondok Tasawuf Underground mengadakan kegiatan pesantren kilat yang melibatkan sejumlah anak punk maupun anak jalanan dengan kegiatan berupa pengajian, tausiyah, zikir, shalat dan hidroterapi (Inabah Suryalaya).
Foto:

Oleh karena itu membaca ta'awudz sangat penting. Maka, surat An Nahl ayat 98 menjadi tuntunan kepada manusia untuk memulai membaca Alquran dengan ta'awudz. 

اِنَّ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا اِذَا مَسَّهُمْ طٰۤىِٕفٌ مِّنَ الشَّيْطٰنِ تَذَكَّرُوْا فَاِذَا هُمْ مُّبْصِرُوْنَۚ ٢٠١ (الاعراف)

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya). (al-A‘raf ayat 201).

Dan firman Allah:

اِنَّ الشَّيْطٰنَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوْهُ عَدُوًّاۗ اِنَّمَا يَدْعُوْا حِزْبَهٗ لِيَكُوْنُوْا مِنْ اَصْحٰبِ السَّعِيْرِۗ ٦ (فاطر)

Artinya: Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh, karena sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. (Fatir ayat 6)

Rasulullah saja diperintahkan Allah untuk berlindung kepada-Nya ketika akan membaca Alquran, padahal sudah dinyatakan terpelihara, bagaimana halnya dengan manusia yang bukan rasul. Sungguh manusia itu lemah dan mudah terpengaruh oleh setan dalam memahami Alquran. Membaca Alquran adalah usaha manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Setan berusaha keras menjauhkan manusia dari petunjuk Allah dengan berbagai cara. Oleh karena itu, Allah memerintahkan untuk memohon pertolongan kepada-Nya dengan ucapan:

أَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Doa khatam Alquran...

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement