Ahad 03 Sep 2023 15:54 WIB

14 Keistimewaan Alquran yang Tak Terbantahkan Sepanjang Masa 

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran memiliki keistimewaan yang luar biasa. Mungkin sampai sekarang ini masih banyak yang belum terungkap karena begitu besar kemuliaannya. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang dapat diketahui tentang keistimewaan Alquran.  Berikut ini 14 keistimewaan Alquran yang penting untuk menjadi landasan bagi setiap Muslim untuk terus mentadabburinya dan sekaligus bisa menjadi jalan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga

1. Gaya bahasa yang selaras dengan situasi saat itu

Wahyu Alquran diturunkan dari masa Jahiliyah hingga puncak tertinggi Islam. Istimewanya, gaya bahasa Alquran selaras dengan situasi masyarakat Arab saat diturunkan wahyu tersebut. 

 

Itu karena ada perbedaan gaya bahasa Alquran antara satu situasi dengan situasi yang lain. Ini bukti bahwa Alquran memuat cara atau metode yang tepat dalam menyikapi setiap situasi dan tatanan masyarakat Arab kala itu. 

2. Diturunkan secara terpisah, tapi tersusun menjadi satu kesatuan 

Alquran tidak diturunkan secara utuh, melainkan diturunkan secara terpecah-pecah selama lebih dari dua puluh tahun, sesuai dengan beragam faktor yang melatarbelakanginya. 

Namun pada akhirnya seluruh ayat-ayat Alquran menjadi lengkap dan tersusun menjadi satu kesatuan. Di dalamnya terkandung keselarasan dan saling terkait satu sama lain. Seberapapun telitinya Anda dalam mencari, tidak akan bisa menemukan perbedaan di antara surat-surat dalam Alquran 

3. Menghilangkan perselisihan dari aspek bahasa 

Bahasa Arab terbagi menjadi beberapa dialek. Di antaranya dialek Tsamud, Safawi, dan Lihyan, dan dialek lain yang berasal dari suku lain yang ada di Jazirah Arab pada masa datangnya Islam. 

Dialek yang paling terkenal adalah adalah dialek Quraisy, Tamim dan Hudzail. Adapun dialek Quraisy adalah kaidah bahasa Arab yang asli. 

Dialek Quraisy, Tamim dan Hudzail lebih populer karena mengandung kekayaan gaya bahasa yang melimpah, dan merupakan gaya bahasa yang paling halus. Sehingga mampu mengungkap makna secara akurat dan indah  

4. Mengandung  prinsip ilmu pengetahuan 

Meskipun tujuannya adalah untuk memberikan petunjuk umum kepada manusia, namun di dalam Alquran terdapat ilmu yang mendukung argumentasi dan bermanfaat secara umum. Sekaligus memberikan kesaksian penuh tentang kemustahilan Nabi Muhammad SAW, mengingat beliau SAW adalah seorang yang buta huruf.

Baca juga: Kecemburuan Hafshah, Putri Umar Bin Khattab yang Memicu Turunnya Ayat Alquran

Sebaliknya, mustahil bagi semua makhluk, baik manusia dan jin, betapapun banyaknya ilmu dan literatur yang diberikan kepada mereka, untuk memberi petunjuk kepada manusia. Sebab, Alquran memuat semua ilmu pengetahuan dan terbingkai untuk membimbing manusia. 

Sepanjang sejarah sampai sekarang ini, tidak ada kitab atau buku ilmu pengetahuan yang ditulis oleh siapapun, yang mampu menyamai Alquran. 

5. Memenuhi seluruh hajat kehidupan manusia...

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement