Ahad 03 Sep 2023 15:54 WIB

14 Keistimewaan Alquran yang Tak Terbantahkan Sepanjang Masa 

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa
Foto:

5. Memenuhi seluruh hajat kehidupan manusia 

Alquran diturunkan kepada masyarakat jahiliyah. Kala itu mereka ada dalam situasi terpuruk dan dalam kebodohan. Mulai dari keyakinan yang menyimpang, sesat, dan rusaknya moral serta tatanan masyarakat yang terpecah belah. 

Lalu Alquran diturunkan untuk memperbaiki dan membimbing mereka pada hal-hal yang mensucikan jiwa dan membuka hati, serta memperbaiki akhlak mereka. 

Alquran menyingkapkan keburukan-keburukan dan memperingatkan mereka. Juga mereformasi masyarakat dengan menghilangkan perbedaan-perbedaan sosial, dan membimbing mereka sehingga tidak ada superioritas bagi orang Arab atas orang non-Arab, kecuali melalui kesalehan. 

Alquran mereformasi kondisi perpolitikan kala itu. Juga mereformasi keuangan dan perekonomian lewat perintah zakat dan sedekah. Alquran juga

melarang riba, mendorong pertanian, industri, ekonomi kreatif, produksi, dan memperingatkan bahaya pengangguran  

6. Tidak bertentangan dengan fakta ilmiah 

Orang-orang yang mendukung penafsiran secara ilmiah dan yang menentangnya, telah sepakat tanpa kecuali, bahwa Alquran tidak bertentangan dengan fakta ilmiah. Bahkan para penentang Alquran pun telah mengakui hal ini. 

Setelah mereka mempelajari banyak ayat darinya dan menelaahnya, merenungkan dan merenungkannya, serta membandingkannya dengan teori-teori dan fakta-fakta ilmiah yang ada di tangan mereka, hingga mereka sampai pada kesimpulan bahwa Alquran selaras dengan fakta ilmiah  

7. Gunakan pendekatan damai 

Alquran diturunkan ke sebuah tatanan masyarakat yang terpecah belah. Tidak ada perekonomian yang mapan, tidak ada kebijakan yang disusun, dan tidak ada sistem yang ketat. Juga tidak ada pemerintahan yang adil. 

Alquran diturunkan di tengah kegelapan dan kebodohan, kemudian membawanya menuju keagungan dan martabat Islam. Kalau bukan karena metode perdamaian yang unik dalam Alquran, maka tidak akan ada seorang pun yang mengikutinya, dan tidak akan ada seorang pun yang bisa menemukannya. 

8. Memuat informasi tentang hal ghaib 

Alquran memuat sejumlah informasi tentang hal ghaib, sehingga mukjizat dalam Alquran merupakan mukjizat yang majemuk atau beragam. Mustahil untuk menghasilkan sesuatu seperti itu, sehingga tidak ada seorang pun yang akan berpikir atau berpikir untuk mencoba menghasilkan sesuatu seperti itu. 

Kalau pun ada orang bodoh di antara mereka yang mencoba melakukan hal itu, maka kebodohannya akan semakin bertambah. 

Di antara sejumlah informasi ghaib di masa lampau adalah tentang penciptaan langit dan bumi, kisah Adam dan kisah Setan, serta kisah nabi-nabi terdahulu dan umat-umat terdahulu. 

9. Tidak menutup pintu perlawanan 

Alquran tidak menutup pintu perlawanan dari musuh-musuh Islam. Tetapi justru membukanya lebar-lebar, menghilangkan setiap hambatan, dan mengaturnya secara bertahap. 

Baca juga: 10 Peringatan dan Bahayanya yang Diabadikan dalam Alquran untuk Umat Manusia

Alquran mempersilakan mereka untuk mencari pertolongan kepada siapapun yang mereka kehendaki, baik dari kalangan jin maupun manusia. 

Ketika musuh-musuh Islam itu menantang, Alquran tidak menunggu mereka untuk melakukannya, tetapi memutuskan masalahnya dengan tegas sehingga mereka pun langsung mati kutu. Sebagaimana firman Allah SWT:

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا 

"Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa (dengan) Alquran ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain.” (QS Al Isra ayat 88).  

10. Pengaruhnya terhadap jiwa...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement