Ahad 03 Sep 2023 15:54 WIB

14 Keistimewaan Alquran yang Tak Terbantahkan Sepanjang Masa 

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa
Foto:

10. Pengaruhnya terhadap jiwa

Pengaruh Alquran terhadap jiwa ini tidak hanya terjadi pada orang-orang yang beriman kepada Alquran saja, tetapi juga terjadi bahkan pada orang-orang yang menentang Alquran. Ini tidak pernah terjadi pada selain Alquran, ketika merenungkan, mencermati dan memikirkan tentang struktur keseluruhan Alquran. Salah satu buktinya adalah kisah masuk Islamnya Umar bin Khattab 

11. Memberi kesehatan pada manusia 

Alquran meresepkan cara hidup sehat sebagai jalan untuk menjauhkan diri dari penyakit fisik dan psikis. Misalnya, Alquran melarang konsumsi babi, darah, bangkai binatang, khamr, percabulan, homoseksualitas, hubungan seksual dengan wanita yang sedang haid, dan menjelaskan madu serta memberitahukan bahwa di dalam madu ada obat. Allah SWT berfirman: 

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِففٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir." (QS An Nahl ayat 69)

Baca juga: Patung Sphinx Mesir Hidungnya Hilang, Kemana Larinya? Jawaban Sejarawan Muslim Ini Menarik

12. Pemberi syafaat 

Allah SWT telah memilih Alquran di antara kitab-kitab yang lain sebagai pemberi syafaat bagi umatnya di hari kiamat. Ini telah dibuktikan pada keseluruhan Alquran, dan pada beberapa surat di dalamnya. 

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al Bahili, dia mendengar Rasulullah SAW menyampaikan pesan ihwal Alquran sebagai syafaat, sebagaimana hadits berikut ini:

 لحديث أبي أمامه رضي الله عنه، قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: اقرؤوا القرآن؛ فإنه يأتي يوم القيامة شفيعًا لأصحابه، اقرؤوا الزهراوين، البقرة وآل عمران؛ فإنهما تأتيان يوم القيامة كأنهما غمامتان، أو كأنهما غيايتان، أو كأنهما فرقان، من طير صواف، تحاجان عن أصحابهما، اقرؤوا سورة البقرة؛ فإن أخذها بركة وتركها حسرة، ولا تستطيعها البطلة.

"Bacalah Alquran, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. Bacalah Zahrawain, yakni Surat Al Baqarah dan Surat Ali Imran, karena keduanya akan datang pada hari kiamat nanti, seperti dua tumpuk awan menaungi pembacanya, atau seperti dua kelompok burung yang sedang terbang dalam formasi hendak membela pembacanya. Bacalah Al Baqarah, karena dengan membacanya akan memperoleh barokah, dan dengan tidak membacanya akan menyebabkan penyesalan, dan pembacanya tidak dapat dikuasai (dikalahkan) oleh tukang-tukang sihir." (HR Muslim) 

13. Alquran dilantunkan dengan merdu dan indah 

Perintah untuk melantunkan bacaan Alquran dengan suara yang indah itu ada dalam banyak hadits. Salah satunya hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, di mana dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

مَا أَذِنَ اللَّهُ لِشَيْءٍ مَا أَذِنَ لِنَبِيٍّ حَسَنِ الصَّوْتِ يَتَغَنَّى بِالْقُرْآنِ، يَجْهَرُ بِهِ

"Allah tidak pernah mengizinkan sesuatu sebagaimana izin-Nya terhadap nabi-Nya untuk memperindah suara Alquran dan mengeraskannya." (HR Bukhari)

14. Memuat berbagai nama dan sifat Allah SWT

Ayat-ayat Alquran memuat banyak nama dan sifat-sifat Allah SWT. Di antara nama-nama yang diambil oleh para ulama dari Alquran, yaitu Al Haq, Al Huda, Al Wahyu, Al Shiroth Al Mustaqim, Al Rahmah, Kalamullah, Al Qowl Al Tsaqiil, Al Hakim, Al Hikmah Al Baalighoh, Al 'Ilm, Al Basyir, Al Maw'izhoh, dan masih banyak lagi. 

 

Sumber: alukah   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement