Kamis 31 Aug 2023 15:01 WIB

Pandangan Sains Terhadap Azab Badai Dahsyat Kaum Aad di Era Nabi Hud

Dengan sombongnya, kaum Aad meminta azab dari Allah SWT disegerakan datangnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pandangan Sains Terhadap Azab Badai Dahsyat Kaum Aad di Era Nabi Hud
Foto:

Lebih Dahsyat dari Badai Katrina dan Galveston di Amerika

Namun, mungkin kita dapat membandingkannya dengan apa yang terjadi di negara bagian New Orleans, Amerika Serikat (AS), ketika wilayah itu diterjang Badai Katrina (Katrina Hurricane) pada 23-31 Agustus 2005.

Badai Katrina ini berkecepatan 280 km per jam, tekanan (minimal) 902 mbar (hPa: 26,65 inHg), bersuhu cukup hangat sekitar 28,4 derajat celcius. Badai Katrina ini berlangsung dari tanggal 23-31 Agustus 2005, selama lebih kurang delapan hari terus-menerus. Wilayah hantamannya meliputi Bahama, Florida Selatan, Kuba, Louisiana (utamanya Greater New Orleans), Mississippi, Alabama, Florida Panhandle, dan sebagian besar pantai timur Amerika Utara. 

Radius Badai Katrina sekitar 160 kilometer dari titik sentral badai. Badai ini menewaskan 1.836 orang, dan mengakibatkan kerugian harta benda sebesar 84 miliar dolar AS. Badai Katrina ini tercatat sebagai badai Atlantik terkuat keenam dalam sejarah Amerika, atau badai terkuat ketiga yang terjadi pada musim landfall (musim gugur) di Amerika. 

Sebagai perbandingan, Badai Galveston yang terjadi pada tahun 1900 di Amerika menelan korban jiwa antara 6.000 sampai 12 ribu orang. Dengan demikian, angin atau badai yang sangat dingin dan kencang yang menimpa kaum Aad selama tujuh malam delapan hari terus-menerus mungkin mirip atau jauh lebih hebat daripada badai Katrina atau badai Galveston ini, karena suhunya sangat dingin dan mampu menyapu bersih suatu kaum atau umat beserta kebudayaannya.

Dilansir dari buku Kisah Para Nabi Pra Ibrahim dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement