Jumat 21 Jul 2023 08:38 WIB

Doa Agar Selamat Agama, Dunia, Keluarga, dan Harta

Dianjurkan membaca doa untuk keselamatan agama, dunia, harta, dan keluarga.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Hidup manusia di muka bumi tiada lain adalah untuk beribadah menyembah kepada Allah SWT. Ridho akan segala ketentuan Allah SWT sehingga Allah pun memberikan ridho-Nya. 

Maka itu, yang paling utama dalam hidup adalah keselamatan dalam agama. Yakni tetap bertauhid hingga ajal menjemput, tetap Istiqomah menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya, dan tidak tergoyahkan dengan sesuatu apapun. Oleh karena itu dianjurkan untuk memohon kepada Allah agar menjadi hamba yang memperoleh keselamatan dalam agama. 

Baca Juga

Serta dianjurkan juga memohon agar diberi keselamatan dalam urusan dunia, seperti keselamatan dalam mengemban amanat berupa jabatan agar dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, memohon agar diberi keselamatan pada keluarga sehingga setiap anggota keluarga menjadi orang-orang yang taat pada perintah Allah dan mengerjakan sunah-sunah Rasulullah. Serta memohon agar selamat dalam harta, maksudnya agar setiap harta yang datang bersumber dari yang halal dan thayyib, serta digunakan, dikeluarkan, dan dibelanjakan ke tempat-tempat yang baik dan diridhoi Allah SWT.

Berikut doa memohon keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan harta sebagaimana tertulis dalam kitab khulashoh fi adzkarin wa ad'iyatin waaridatin wa matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ كَمَالَ الْعَفْوِ وَالْعَافِيَةِ وَالْمُعَافَاةِ الدَّائِمَةِ فِي دِينِنَا وَدُنْيَانًا وَأَهْلِينَا وَأَمْوَالِنَا 

Allahumma Inna nasaluka kamaalal 'afwi wal 'aafiyati wal mu'aafatad daaimati fiy dinina wa dunyaanaa wa ahliyna wa amwaalina

Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu untuk pengampunan dan perlindungan sepenuhnya, dan keselamatan berkelanjutan dalam agama kami, urusan dunia kami, keluarga kami dan harta kami. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement